Minta Maaf karena Sebut Ganda Putra Indonesia dari Malaysia di Denmark Open 2022

Ganda putra Indonesia, Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo.
Sumber :
  • Tim Kildeborg Jensen/Ritzau Scanpix via AP

VIVA Sport – Ganda putra Indonesia saling berhadapan di final Denmark Open 2022. Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto menghadapi Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon di Odense, MInggu 23 Oktober 2022.

Penyesalan Bagas/Fikri Gagal Lolos ke Olimpiade 2024

Pada pertandingan tersebut, Fajar/Rian berhasil keluar sebagai juara. Mereka memaksa Kevin/Marcus menyerah dalam partai puncak turnamen level 750 kali ini.

Usai pertandingan, dilakukan seremoni penyerahan hadiah dan medali. Terjadi kesalahan yang dilakukan oleh MC (Master of Ceremony) dalam membacakan pengumuman.

Pengakuan Mengejutkan Sabar/Reza Usai Juara Spain Masters 2024

Kesalahan yang membuat pecinta bulutangkis Indonesia banyak bersuara di media sosial. Bukannya tanpa alasan, karena ganda putra Indonesia itu disebut berasal dari Malaysia.

Ganda putra Indonesia, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto

Photo :
  • Claus Fisker/Ritzau Scanpix via AP
Menangi Perang Saudara, Bagas/Fikri Tembus Final Swiss Open 2024

Kesalahan itu dilakukan sebanyak dua kali. Yang pertama saat menyebutkan Kevin/Marcus sebagai runner up Denmark Open 2022.

Para penonton yang ada di tribun sempat riuh. Begitu juga dengan empat pebulutangkis Indonesia di podium yang keheranan. Mereka sempat melihat kiri dan kanan, seperti ingin memberi koreksi.

Kesalahan dilakukan kembali oleh MC ketika menyebut Fajar/Rian sebagai juara berasal dari Malaysia. Bahkan presenter yang bertugas memandu jalannya pertandingan turut mengomentari kesalahan MC.

Ganda putra Indonesia, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto

Photo :
  • Claus Fisker/Ritzau Scanpix via AP

Ketika ramai protes dilakukan oleh para warganet Indonesia, melalui Twitter resminya, Badminton Denmark menyampaikan permohonan maaf.

"Kami benar-benar minta maaf atas kesalahan pengumuman. Fajar Alfian/Muhammad Ardianto dan Marcus Gideon/Kevin Sukamuljo tentunya dari Indonesia. Kami tahu itu. Ini adalah kesalahan manusia, dan kami harap Anda dapat menerima permintaan maaf kami."

Sampai berita ini ditayangkan, sudah lebih dari 3.000 respons diberikan atas cuitan Badminton Denmark tersebut. Ini menandakan jika kesalahan yang dilakukan oleh MC benar-benar menjadi kontroversi di Tanah Air.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya