Rekor Baru Indonesia Usai Juara Umum All England 2024

Anthony Ginting dan Jonatan Christie bersama pelatih Irwansyah
Sumber :
  • AP Photo/Rui Vieira

Jakarta – Indonesia menjadi negara yang memiliki juara terbanyak di All England 2024. Jonatan Christie memenangkan gelar juara di sektor tunggal putra, lalu Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto menambahnya di ganda putra.

Jadwal dan Siaran Langsung Tim Bulutangkis Indonesia di Piala Thomas dan Uber 2024

Jonatan Christie memenangkan final All England 2024 menghadapi Anthony Sinisuka Ginting di Utilita Arena Birmingham, Inggris pada Minggu malam WIB 17 Maret 2024. All Indonesian Finals itu berlangsung dalam dua game.

Jonatan menang dengan skor 21-15 pada game pertama. Selanjutnya, Ginting yang memberi perlawanan sengit dikalahkan dengan skor 21-14 oleh Jonatan.

Kisah Inspiratif Jonatan Christie, Atlet Bulutangkis yang Bangun Masjid dari Dana Bonus Asian Games

Mengutip Twitter BWF, kemenangan Jonatan ini membuat Indonesia mengukir rekor baru dunia. Karena untuk pertama kalinya ada negara yang memiliki dua tunggal putra dan mampu menang di turnamen dengan level 1.000, 750, 500, dan 300.

Tunggal putra Indonesia, Jonatan Christie

Photo :
  • AP Photo/Rui Vieira
17 Atlet Indonesia Pastikan Tiket ke Olimpiade 2024, Berikut Daftarnya

Sementara ini Denmark cuma memiliki satu pemain, yakni Viktor Axelsen. Begitu juga dengan China yang diwakili oleh Shi Yu Qi, dan Kento Momota dari Jepang.

Ini tentu saja menjadi catatan menarik sekaligus harapan besar bagi Indonesia. Karena kedua tunggal putra ini akan jadi harapan mendapatkan medali emas di pentas Olimpiade 2024 Paris.

Fajar/Rian Samai Catatan Kevin/Marcus

Ganda putra Indonesia, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto

Photo :
  • AP Photo/Rui Vieira

Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto menutup All England 2024 dengan membawa senyum di wajah pencinta bulutangkis Indonesia. Mereka mengalahkan wakil Malaysia, Aaron Chia/Soh Wooi Yik dengan dua game langsung.

Kemenangan ini menjadi yang kedua secara beruntun didapatkan pasangan yang akrab disapa FajRi itu di All England. Karena pada edisi sebelumnya, mereka juga keluar sebagai pemenang.

Dua kali beruntun memenangkan All England membuat Fajar/Rian menyamai catatan ganda putra Indonesia sebelumnya, Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon yang menang pada edisi 2017 dan 2018.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya