PBSI: Indonesia Gagal Memenuhi Target di Kejuaraan Dunia 2023

Ganda putri Indonesia, Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti
Sumber :
  • PBSI

JakartaBWF World Championships 2023 atau Kejuaraan dunia Bulutangkis telah selesai. Pertandingan di Royal Arena Denmark menyuguhkan aksi memukau atlet bulutangkis dari berbagai negara.

Menang di Laga Perdana Proliga, Jakarta LavAni Akui Masih Punya Kekurangan

Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PP PBSI, Rionny Mainaky menyebut, secara umum Indonesia gagal memenuhi target di Kejuaraan Dunia 2023. Hanya Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti di ganda putri yang maju ke final. Sementara sektor yang lain, tidak berhasil mencapai target. 

"Mereka semua sebenarnya sudah tampil maksimal, namun belum cukup mengantarkan pemain-pemain Indonesia terus melaju ke babak akhir untuk jadi juara. Kegagalan ini harus menjadi pelajaran penting agar tidak gagal lagi di kejuaraan-kejuaraan penting dan event lainnya ke depan. Kita harus segera bersiap lagi menghadapi kejuaraan-kejuaraan selanjutnya," ujar Rionny dikutip dari keterangan resmi PBSI, Senin 28 Agustus.

Thomas Cup dan Uber Cup Kobarkan Semangat Atlet Jelang Olimpiade 2024

Ganda putri Indonesia, Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti

Photo :
  • PBSI

Ia menjelaskan, perjuangan Apri/Fadia perlu diapresiasi di mana yang tidak diunggulkan di posisi atas, tetapi bisa tampil konsisten hingga maju ke final. 

Target PBSI Bawa Indonesia Kembali Juara Piala Thomas

"Harus diakui, ganda putri China itu tampil lebih baik di final (lawan Apri/Fadia). Mental Apri/Fadi  memang bagus, tetapi lawan lebih baik lagi," ucapnya.

"Harus disadari tampil di kejuaraan besar seperti Kejuaraan Dunia ini, faktor mental jadi dominan dan penentu kemenangan. Mental ini tak hanya berhubungan dengan soal fighting spirit saja, tetapi juga berdampak ke segi yang lain. Kalau mental tak kuat, akan berpengaruh ke berbagai segi saat pemain bermain di lapangan. Bisa berimbas ke teknik yang dimiliki hilang. Ketrampilannya tidak muncul. Juga kelincahan dan pergerakan terasa lambat," kata dia.

Ketua KPU RI Hasyim Asyari di Putusan Sidang Perselisihan Hasil Pilpres 2024

DPR Segera Panggil KPU, Bahas Evaluasi Pemilu hingga Dugaan Asusila Hasyim Asy'ari

Ketua Komisi II DPR RI, Ahmad Doli Kurnia menyebut DPR bakal segera memanggil KPU bahas dugaan asusila yang menjerat Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI Hasyim Asy'ari.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024