Viral Zanzabella Ditegur Dilarang Ibadah di Candi Ijo, Cak Imin Turut Berkomentar

Tengku Zanzabella
Sumber :
  • Instagram @zanzabellaa

VIVA Trending - TikToker, Zanzabella menceritakan pengalaman tidak mengenakan saat dirinya berkunjung ke Candi Ijo di Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Atas kejadian tersebut menjadi viral di media sosial.

Isu Cak Imin Minta Jatah 2 Kursi Menteri Buat PKB, PAN: Itu Urusannya Prabowo

Dilansir akun TikTok @zanzabella666, Rabu 10 Mei 2023. Dirinya yang merupakan agama hindu sempat ditolak untuk melakukan ibadah di Candi Ijo. Ia tidak tidak sendirian berkunjung ke candi tersebut melain bersama sesepuh Keraton Yogyakarta.

DPR Kembali Gelar Rapat Paripurna Hari Ini, Puan dan Cak Imin Absen

"Kita pergi ke Candi Ijo jam 6 sore. Jadi kebetulan itu jam 6 sore tutup untuk wisatawan. Tapi saya kan umat hindu yang ingin bersembahyang atau berdoa di depan Lingga Yoni raksasa di depan Mandala Utama Candi Ijo," ungkap Zanzabella.

Ia menjelaskan lebih lanjut ketika dirinya ditegur oleh salah satu juru kunci Candi ijo dengan mengatakan ini bukan rumah ibadah. Selain itu, si juru kunci candi tersebut mengatakan jangan buang sampah sembarang.

Cak Imin Dinilai Lawan Tangguh Khofifah Indar Pararwansa Bila Maju di Pilkada Jatim

"Tidak mungkin saya meninggalkan sampah, ini cenderung melecehkan menurut saya. Dan seharusnya mereka memberitahu kepada wisatawan itu merupakan peninggalan sejarah hindu di abad ke 9 sampai 10 bukan malah tidak menuliskan sejarah, lalu umat hindu sendiri datang ke sana seperti dilecehkan," tutur Zanzabella

Atas kejadian tersebut, Wakil Ketua DPR RI Bidang Korkesra Abdul Muhaimin Iskandar atau yang dikenal Cak Imin prihatin atas pengakuan seorang perempuan yang beragama Hindu yang sempat ditolak masuk ke Candi Ijo.

Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar alias Cak Imin.

Photo :
  • Istimewa

"Ya tentu saja kejadian ini memetik keprihatinan kita semua. Prinsip kita kan sudah jelas, setiap warga merdeka untuk memeluk agamanya masing-masing dan beribadah menurut agama dan kepercayaan itu," ungkap CakĀ Imin dilansir Antara.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya