7 Fakta Menarik Rocky Gerung Diduga Hina Jokowi hingga Respons Sederhana Sang Presiden

Pengamat politik Rocky Gerung
Sumber :
  • Dok. PKS

Jakarta – Pengamat politik, Rocky Gerung dilaporkan ke polisi oleh relawan Jokowi. Dia dilaporkan karena dianggap menghina presiden dengan kata ‘bajingan tolol’ saat mengkritik program Ibu Kota Nusantara (IKN) di hadapan massa organisasi buruh di Bekasi, Sabtu 29 Juli lalu.

Viral Keributan Avsec dengan Penumpang di Bandara Soetta, Ini Penjelasan AP II

Orasi Rocky pun viral di media sosial dalam bentuk potongan video hingga berbuntut panjang sampai hari ini. Lantas kalimat apa yang diucap akademisi itu?

Pengamat politik Rocky Gerung saat acara Bimtek anggota legislatif PKS

Photo :
  • Dok. PKS
Cegah Informasi Simpang Siur, Jemaah Haji Diimbau Tak Bagikan Kabar Tidak Benar di Media Sosial

1. Kalimat yang diucap Rocky

"Begitu Jokowi kehilangan kekuasaan dia jadi rakyat biasa, nggak ada yang peduli nanti. Tapi ambisi Jokowi adalah pertahankan legacy. Dia masih ke China nawarin IKN. Masih mondar-mandir dari ke koalisi ke koalisi lain, cari kejelasan nasibnya," ujar Rocky

Gibran Bantah Presiden Jokowi Gabung Golkar

"Dia pikirin nasibnya sendiri, dia nggak pikirin kita. Itu bajingan yang tolol. Kalau dia bajingan pintar, dia mau terima berdebat dengan Jumhur Hidayat, tapi bajingan tolol sekaligus pengecut. Bajingan tapi pengecut," ucap Rocky dalam video yang beredar.

2. Dilaporkan ke Bareskrim Polri

Sontak ucapan Rocky di atas membuat relawan Jokowi panas, mereka kemudian melaporkan Rocky ke Bareskrim Polri pada Senin, 31 Juli lalu. Beberapa kelompok relawan Jokowi yang hadir saat melaporkan Rocky adalah Barikade 98, Bara JP, Poreder.

Ketua Umum Barikade 98 Benny Rhamdani mengatakan, tak ada yang berhak menghina hingga mencemari nama baik seorang presiden yang dipilih lewat jalur demokrasi.

Pakar filsafat dan politik Rocky Gerung

Photo :
  • VIVA.co.id/Ifan Gusti

3. Laporan relawan Jokowi ditolak Bareskrim

Penasihat hukum kelompok relawan Jokowi, Ferry Manulang mengungkap alasan Bareskrim Polri menolak laporan yang dibuat pihaknya terhadap Rocky Gerung.

Menurutnya Bareskrim menolak laporan tersebut lantaran belum ada keterangan dari Jokowi sebagai pihak yang diduga dihina oleh Rocky Gerung

4. Rocky tak merasa menghina

Menanggapi laporan tersebut, Rocky meyakini apa yang disampaikannya bukanlah penghinaan ke Jokowi. Menurutnya, tidak seharusnya ada pihak yang melaporkan dirinya ke polisi.

"Yang kita soalkan hak orang untuk mengucapkan sesuatu kenapa dihalangi? Saya berhak mengajukan pandangan politik saya. Sama seperti saya menghormati hak para pemuji dan pemuja Jokowi. Saya kan nggak laporin mereka ke Bareskrim kan, padahal kita tahu ini menghina akal sehat,” kata dia

Akademisi Rocky Gerung

Photo :
  • ANTARA FOTO/Reno Esnir

5. Relawan Jokowi laporkan Rocky ke Polda Metro Jaya

Laporan tersebut diterima Polda Metro Jaya dibuat oleh relawan Indonesia Bersatu, pada Senin, 31 Juli 2023 malam. Laporan teregistrasi dengan nomor LP/B/4459/VII/2023/POLDA METRO JAYA.

"Kami sebagai relawan dan masyarakat Indonesia sangat terganggu. Dan, ini sudah memunculkan kegaduhan makanya kami melaporkan di Polda Metro Jaya sekaligus kita juga melaporkan penyebar video tersebut," kata Ketua Umum Relawan Indonesia Bersatu, Lisman Hasibuan saat dikonfirmasi pada Selasa dini hari, 1 Agustus 2023.

6. Tanggapan Jokowi usai disebut bajingan

Presiden Joko Widodo (Jokowi) buka suara terkait diserang Rocky Gerung dengan sebutan ‘bajingan’. Menurut dia, apa yang disampaikan Rocky Gerung merupakan hal sepele.

Saat ini, Jokowi mengaku lebih fokus pada menjalankan tugas-tugas pemerintahan dan turun ke masyarakat. Sehingga, ia tidak mau ambil pusing. “Itu hal-hal kecil, saya kerja aja,” kata Jokowi, Rabu, 2 Agustus 2023.

7. Rocky Gerung jelaskan arti bajingan

Setelah heboh soal kata bajingan yang sarat dengan konotasi negatif, Rocky Gerung pun memberi penjelasan soal dari mana kata itu berasal. Menurutnya kata tersebut standar digunakan dalam perdebatan politik.

"Saya pakai istilah itu hal biasa dalam perdebatan politik, standar aja kan. Bajingan, apalagi kata bajingan, kan. Bajingan dulu dianggap sebagai di zaman Mataram sudah riset ditulis di National Geographic. Bajingan artinya orang yang dicintai Tuhan, itu namanya bajingan. Karena itu disebut kusir gerobak sapi itu bajingan," urai dosen filsafat ini.

"Jadi bajingan artinya mereka yang justru membawa berkah karena mengangkut bahan makanan di zaman Mataram. Pejuang kemerdekaan juga disembunyikan di gerobak itu oleh para bajingan. Kan, itu intinya" sambung Rocky.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya