2 Pencuri Gasak Kotak Amal Masjid di Mojokerto, Kerugian hingga Jutaan Rupiah

Pencuri kotak amal di Masjid Al Mubarok, Dusun Unggahan Mojokerto
Sumber :
  • Istimewa

Mojokerto – Pencurian kotak amal terjadi di Masjid Al Mubarok, Dusun Unggahan, Desa Trowulan, Kecamatan Trowulan, Mojokerto, Jawa Timur pada Senin, 21 Agustus 2023 pukul 02.16 WIB.

Cegah Informasi Simpang Siur, Jemaah Haji Diimbau Tak Bagikan Kabar Tidak Benar di Media Sosial

Dalam rekaman CCTV berdurasi 3 menit 10 detik, tampak dua orang pria turun dari mobil Toyota Avanza warna silver tanpa plat nomor.

Kedua pelaku juga telah mengenakan masker, satu orang memakai jaket berwarna putih garis hitam, satunya lagi memakai kaos hitam dan bertopi.

Viral, Pria Gorontalo Temani Jenazah Ayah di Dalam Keranda untuk Terakhir Kali

"Di CCTV pelaku datang dari arah utara naik mobil agak ngebut, terus masuk halaman masjid," kata takmir Masjid Al Mubarok, Yusuf Mubarok, dikutip dari VIVA Jatim, Rabu, 23 Agustus 2023.  

Ernando Ari Viral di Korea Selatan karena Joged Mengejek Lawan

Setelah turun dari mobil, pria kaos hitam langsung memantau situasi dari teras masjid. Setelah situasi dirasa aman, ia memberitahu temannya untuk memasukkan kotak amal ke dalam mobil.

Yusuf menjelaskan, di pagi harinya kotak amal yang dicuri ditemukan di semak-semak area Balong Bunder (kolam bulat) depan Museum Majapahit atau Pusat Informasi Majapahit (PIM). Saat ditemukan oleh penjual buah, kondisi kotak amal kayu sudah rusak.

"Kemungkinan uangnya diambil di dalam mobil terus dibuang di Balong Bunder," kata dia.

Yusuf tidak bisa memastikan berapa jumlah uang yang ada dalam kotak amal. Namun, biasa satu kotak amal terisi kisaran Rp300-500 ribu dalam sepekan. Ia memperkirakan kerugian sekitar Rp1 juta dari dua kotak amal yang dicuri.

Pencuri kotak amal di Masjid Al Mubarok, Dusun Unggahan Mojokerto

Photo :
  • Istimewa

Ia menduga, para pelaku paham dengan kondisi masjid. Sebab, para pelaku tampak yakin dan cepat dalam melancarkan aksinya.

Yusuf mengaku, ini bukan kali pertama kotak amal Masjid Al Mubarok hilang, sebelumnya, hal serupa pernah terjadi pada bulan Juli lalu. Akan tetapi saat itu pencurinya mematikan lampu sehingga tidak terlihat dalam rekaman CCTV.

"Memang kotak amal tidak kami beri rantai dan gembok. Ini jadi pembelajaran, nanti kami kasih rantai," pungkas Yusuf. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya