Viral Pungli di Babelan Bekasi Resahkan Sopir Truk, Ini Kata Polisi

Kapolsek Babelan Kompol Maulana Mukarom
Sumber :
  • VIVA/Wilibrodus

BekasiAksi pungutan liar (pungli) di Babelan, Bekasi membuat resah sopir truk. Bagaimana tidak, aksi itu dilakukan puluhan orang yang tak segan melakukan kekerasan jika tak diberi uang.

Polisi Bakal Periksa Pacar Korban Penganiayaan Taruna STIP

Dalam video yang beredar, aksi pungli di Babelan itu direkam oleh seorang sopir truk yang melintas di jalan tersebut pada malam hari.

Sopir truk mengatakan, aksi pungli di Babelan bukanlah hal baru. Menurutnya para pelaku pungli kerap memaksa sopir untuk memberi mereka uang.

Heboh Penemuan Jasad Bayi Sudah Membusuk di Dalam Kaleng Biskuit

Pungli di Babelan Bekasi buat resah sopir truk

Photo :
  • Instagram

“Kerja kalian apa? Polisi? PNS? Kantoran? Mana lah main. Pungli lah, malakin sopir. Minta Rp1.000 tinggal bikin satu jari, Rp2.000 dua jari, Rp5.000 tinggal bikin lima jari langsung dapat. Gak ngasih? maki-maki sopirnya. Ngelawan? gebukin” ujar sopir truk dalam video tersebut, dilihat Minggu, 24 September 2023.

Korlantas Belum Yakin Surat Tilang via WhatsApp Aman

Dalam video tersebut juga terlihat jelas puluhan pelaku pungli berjejer di sepanjang jalan Babelan, Bekasi. Parahnya, jarak antar mereka hanya sekitar 2 sampai 5 meter. Terlihat seluruh pelaku mengenakan kaos seragam, diduga berasal dari kelompok yang sama.

"Tengok nih, dua meter satu, lima meter satu. Gak berjarak lagi, pernah kalian lihat pungli kayak gini di Indonesia?” kata sopir truk

Saat dikonfirmasi, Kapolsek Babelan Kompol Maulana Mukarom mengatakan pihaknya sudah melakukan pendekatan secara humanis kepada para pelaku pungli di Jalan Raya Babelan, Kabupaten Bekasi. Menurutnya, pelaku pungli merupakan warga setempat yang sifatnya musiman.

"Sebetulnya kita sudah melakukan patroli dan langkah-langkah persuasif. Namun mereka memang warga kampung di situ,” ujarnya kepada wartawan, Minggu, 24 September 2023.

Dia mengaku saat baru menjabat sebagai Kapolsek Babelan, pihaknya sudah dua kali menemui warga setempat agar tidak meresahkan pengguna jalan. Namun, peringatan itu kembali dilanggar.

Terkait video viral tersebut, Maulana mengklaim jajarannya sudah melakukan langkah-langkah persuasif sejak Sabtu malam.

“Kita sudah kumpulkan mereka (pelaku pungli) supaya tidak melakukan hal itu lagi,” paparnya

Jika ke depan masih ditemukan adanya laporan pungli di jalan maka langkah persuasif tidak akan dilakukan lagi, melainkan Polsek Babelan bakal mengambil tindak tegas terhadap para pelaku.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya