Makan Korban Jiwa, Begini Kronologi Jembatan Kaca The Geong Banyumas Pecah

Wisatawan Terjatuh dari Jembatan Kaca The Geong Banyumas
Sumber :
  • Tangkapan Layar: Instagram

Banyumas – Jembatan kaca yang berada di obyek wisata The Geong di Hutan Pinus Limpakuwus, Kecamatan Sumbang, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, pecah. Kejadian ini mengakibatkan beberapa pengunjung terjatuh dari ketinggian dan satu orang di antaranya tewas. 

Singapura Siap Sambut Kembali Wisatawan! STB dan GDP Venture Perbarui Kemitraan

Menurut pantauan VIVA, kaca yang tiba-tiba pecah berada di sisi timur jembatan tersebut. Para pengunjung pada awalnya hendak berswafoto, tapi nahas, dua di antara empat pengunjung terjatuh dari ketinggian dan seorang diantaranya meninggal dunia. 

Kronologi Kejadian

Fakta-fakta WNA China Tewas Terjatuh di Kawah Ijen, Rok Tersangkut Pohon saat Foto

Wisatawan Terjatuh dari Jembatan Kaca The Geong Banyumas

Photo :
  • Tangkapan Layar: Instagram

Menurut keterangan dari akun Instagram @berbagiinfo.negeri, pada Rabu, 25 Oktober 2023, sekitar pukul 10.00 WIB, rombongan yang berjumlah 13 orang, terdiri atas 11 orang dewasa dan 2 orang anak-anak, masuk ke dalam kawasan tempat wisata jembatan kaca The Geong.\

Wisatawan di Kota Semarang Capai 350 Ribu Orang Saat Libur Lebaran, Kota Lama Terbanyak Dikunjungi

"Sekira pukul 10.00 WIB, rombongan yang berjumlah 13 orang di antaranya 11 orang dewasa dan 2 orang anak-anak masuk ke wahana jembatan kaca The Geong di kompleks lokasi obyek Wisata Hutan Pinus Limpakuwus Sumbang," Kasat Reskrim Polresta Banyumas, Kompol Agus Supriyadi melalui keterangan tertulis. 

Empat dari belasan orang tersebut diketahui menjadi korban jembatan kaca. Mereka adalah FA, A, WA, dan SSP. Setelah melakukan selfie di atas jembatan, mereka berjalan menuju pintu keluar. Posisi A berada di depan WA dan menginjak kaca dan 1 lembar kaca pijakan pecah. 

Wisatawan Terjatuh dari Jembatan Kaca The Geong Banyumas

Photo :
  • Tangkapan Layar: Instagram

Korban WA dan SSP terperosok dan tergantung di besi landasan kaca. Sementara korban FA dan A terjatuh ke dasar tanah dengan ketinggian mencapai 15 meter. Melihat kejadian itu, para saksi dan pengelola wisata langsung menolong para korban. 

Mereka membawa korban ke luar lokasi wisata. Korban yang berinisial WA dan SSP hanya mengalami luka ringan dan diobati di area wisata. Sedangkan korban FA dan A mengalami luka serius sehingga di bawa ke RSUD Margono Soekarjo Purwokerto. 

Namun sayang, korban FA dinyatakan meninggal dunia usai di bawa ke RSUD Margono Soekarjo Purwokerto. Saat ini, tempat wisata tersebut sudah ditutup dan dipasang garis polisi. Pihak berwajib juga tengah mendalami kejadian tersebut dengan mencatat saksi dan olah TKP. 

Hasil Identifikasi

Menurut hasil identifikasi, di jembatan kaca tersebut hanya ada 1 lembar kaca yang pecah dengan ketebalan kaca mencapai 1 cm. Lebar kaca tersebut sekitar 118 cm dan panjangnya mencapai 243 cm. Jenis kaca yang digunakan adalah tipe 1000. 

Sementara itu, panjang jembatan kaca tersebut adalah 25 meter dengan tinggi jembatan dari atas permukaan tanah sekitar 15 meter. Selain itu, pihak berwajib juga menemukan pecahan kaca dan ceceran darah di bawah tempat kejadian perkara (TKP). 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya