Otto Hasibuan Bongkar Kondisi Keluarga Jessica Wongso: Bukan Orang Susah

Otto Hasibuan
Sumber :
  • Youtube dr. Richard Lee, MARS,

Jakarta – Baru-baru ini Otto Hasibuan berbicara mengenai fakta soal keluarga dari Jessica Wongso. Klien Otto Hasibuan tersebut menjadi terdakwa dalam kasus pembunuhan Mirna Salihin pada tahun 2016 silam. Ia divonis hukuman penjara 20 tahun dan kini baru menjalani selama 7 tahun.

Effort Banget, Begini Proses Lamaran Brandon Salim dan Dhika Himawan yang Penuh Kejutan

Mertua Jessica Mila itu mengatakan bahwa keluarga dari Jessica Wongso bukan orang kaya raya, tapi masih berkecukupan. Otto bahkan menyebut bahwa keluarga Jessica mau dirinya menjadi pengacara Jessica, tapi tidak sanggup untuk membayar dirinya. 

"Jadi sebenarnya Jessica itu bukan orang kaya, tapi bukan orang susah. Tapi kata-kata dari pengacara itu kepada saya, dibisikkan kepada saya, mereka bilang katanya keluarga Jessica itu mau bayar, tapi nggak kuat dengan tarif saya," kata Otto di YouTube Rhenald Kasali.

Tarif Bus Transjakarta Rp3.500 Rute Kalideres-Bandara Soetta Berlaku 1 Mei 2024

Jessica Kumala Wongso dan kuasa hukumnya, Otto Hasibuan, di persidangan.

Photo :
  • VIVA.co.id/Muhamad Solihin

Karena hal tersebut, Otto Hasibuan merasa tersentuh dan tidak tega untuk memasang tarif. Ia juga mempertanyakan bakti dirinya sebagai seorang pengacara apabila tetap memaksakan keluarga Jessica Wongso tetap membayar sesuai tarifnya. 

Viral Bule Kanada Ungkap Pengalaman Nikah dengan Wanita Indonesia: Mereka yang Terbaik

"Pikiran saya begini, pertama ini kasus akan panjang, ini orang udah susah anaknya ditahan, kalau sampai saya minta uangnya ini, aduh baktiku di mana? Sudah anaknya ditahan, uangnya terbatas, biayanya ini besar," tegasnya.

Ketika itu, Otto Hasibuan paham betul bahwa biaya yang harus dikeluarkan keluarga Jessica Wongso tidak sedikit karena perjalanan kasus yang berlarut-larut. 

"Karena panjang perkaranya, dan kemudian buat saya kalau dia terbukti berbohong kepada saya, saya gampang buat mundur. toh saya nggak terima uangnya juga," ungkapnya lagi.

Oleh sebab itu, Otto Hasibuan memilih untuk melakukan probono dalam menangani kasus tersebut. Probono sendiri merupakan sebuah istilah yang dipakai untuk penyedia layanan pengacara gratis bagi seseorang. 

Pengacara Otto Hasibuan

Photo :
  • Netflix

"Jadi saya bilang ke tim saya, kita ambil Probono. Memang di kantor kita itu, meskipun saya tidak membuat LBH, banyak kasus yang Probono kita tangani, bukan hanya Jessica. Kalau kasusnya besar, kita minta bayaran yang besar," jelasnya.

Otto Hasibuan mengatakan bahwa dia selalu menganjurkan probono ketika ada pengangkatan advokat yang baru. Hal ini menjadi salah satu yang penting sebagai seorang pengacara di Indonesia.

"Itu selalu kita anjurkan, setiap pengangkatan advokat baru, saya selalu ingatkan itu. Tidak harus membuka LBH gitu, saya selalu mengatakan adalah nature seorang advokat itu Probono," pungkasnnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya