Viral Komika Nopek Novian Sebut UMR di Jateng Paling Rendah se-Indonesia, Segini Nominalnya

Nopek Novian
Sumber :
  • YouTube Kasisolusi

VIVA – Komika Nopek Novian belakangan ini menjadi pusat perhatian ketika membeberkan UMR (upah minimum regional) di Jawa Tengah (Jateng) paling kecil di antara kota lain.

UTBK 2024 Dimulai, 11.091 Peserta SNBT Ikut Tes di UNNES Semarang

Baru-baru ini, ia menyebut jika UMR di Jateng ternyata paling rendah se-Indonesia. Hal ini diungkapkan di dalam podcast kasisolusi ketika menyinggung masalah konten-kontennya yang dianggap relate oleh publik.

Nopek Novian

Photo :
  • YouTube Kasisolusi
Satgas Pangan Blak-Blakan Soal Penyebab Gagal Panen Bawang Merah di Brebes

“Saya kan ini dari kabupaten UMR rendah, Madiun Rp2 juta. Gitu banyak yang terwakili, mungkin dari kata-kata (di konten) saya,” kata Nopek Novian, dikutip dari kanal YouTube kasisolusi, Senin, 15 Januari 2024.

Host Deryansha Azhary kaget ketika Nopek mengatakan jika masih ada UMR di bawah Rp2 juta. Nopek pun sampai tahu daerah-daerah mana saja yang UMR-nya sangat rendah di Jawa Tengah.

Pemkot Solo Siapkan Nobar Laga Timnas Indonesia di Depan Balai Kota

“Allahuakbar bang Der serius. Di Jawa Tengah, di Madiun di Jawa Timur masih ada UMR Rp2 juta. Bahkan Jawa Tengah itu ada Rp1,9. UMR Jawa Tengah aku tahu, Wonogiri, Banjarnegara, Sragen,” tegas Nopek.

Nopek mengaku rela diserang dan tidak diberi kerjaan Pemerintah setempat, asalkan UMR bisa naik. Berkat konten-kontennya, ada salah satu penggemar Nopek di Instagram mengaku UMR langsung naik meskipun tidak signifikan.

Deryansha masih penasaran dengan ucapan Nopek yang menyebut UMR di Wonogiri paling rendah. Ia pun meminta timnya mencarikan data valid dari internet.

UMR Jateng

Photo :
  • YouTube Kasisolusi

“Loh, ketik aja (di internet) UMR terendah di Indonesia, pasti Jateng wes (sudah) lillahi ta’ala, udah pakai lillahi taala, terendah di Indonesia (itu) Jawa Tengah,” tuturnya.

“Ini bukan ngejek ya temen-temen. Ini harapannya UMR anda naik,” imbuh Nopek.

Ketika tim kasisolusi berhasil mencari data yang diminta Deryansha, benar saja apa yang diucapkan Nopek. Masih ada UMR Rp2 juta.

“Berdasarkan data yang dihimpun databoks, wilayah Jawa Tengah mendominasi sepuluh UMK 2024 terendah di Indonesia. Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah merupakan daerah UMK terendah sebesar Rp2 juta,” isi data yang dibacakan Dery.

Kata Nopek, ini sudah mengalami kenaikan. Sebelumnya, UMR di Banjarnegara hanya Rp1,9 juta. Ketika data dimunculkan, kabupaten Banjarnegara di urutan pertama alias paling kecil yaitu Rp2,04 juta. Kabupaten Wonogiri dan Kabupaten Sragen sebesar Rp2,05 juta.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya