Filipina dan Vietnam Bergandengan Tangan Lawan Ketegasan Tiongkok

Laut China Selatan.
Sumber :
  • DigitalGlobe, Map Data, Google

VIVA – Taiwan dan Laut Cina Selatan, ECDA memperkuat pencegahan terhadap potensi agresi di wilayah tersebut. Seorang Profesor Madya di Universitas Nasional Quemoy Taiwan, Lu Zhengfeng berpendapat bahwa kerja sama keamanan ini merupakan respons langsung terhadap tindakan tegas Tiongkok di Laut Cina Selatan. 

Mengecas Mobil Listrik Nantinya Cuma Butuh Waktu 10 Menit

Seperti dilansir The Singapore Post, Kamis 15 Februari 2024, kurangnya pengisian terumbu karang dan kawasan yang dilakukan Tiongkok, ditambah dengan pengerahan militernya, telah menimbulkan kekhawatiran di kalangan aktor regional. 

ECDA bertujuan untuk mengatasi perubahan-perubahan ini dan meningkatkan keamanan kolektif. Filipina dan Vietnam mempunyai ancaman keamanan yang sama yang timbul dari klaim besar-besaran Tiongkok atas seluruh Laut Cina Selatan. 

SPKLU Sudah Banyak, Naik Wuling BinguoEV Bisa dari Jakarta ke Mandalika

Sementara itu, peneliti dari Institut Penelitian Pertahanan dan Keamanan Nasional Taiwan, Zhong Zhidomh, menekankan bahwa kerja sama keamanan ini wajar dan perlu. Keselarasan mereka berasal dari kepentingan bersama dalam melawan penegasan kedaulatan Tiongkok dan menjaga stabilitas regional. 

Mengingat persaingan klaim teritorial, konflik telah meletus antara Tiongkok dan Filipina, serta Tiongkok dan Vietnam. Khususnya, tahun lalu terjadi provokasi berulang kali oleh kapal-kapal Penjaga Pantai Tiongkok terhadap kapal-kapal Filipina di Laut Cina Selatan, sehingga meningkatkan ketegangan dan memperburuk hubungan. 

Neta Mulai Rakit Mobil Listrik di Indonesia

Upaya bersama yang dilakukan Filipina dan Vietnam menandakan komitmen terhadap keamanan regional dan tanggapan kolektif terhadap tindakan Tiongkok. 

ilustrasi China menggelar latihan militer selama enam hari di Laut China Selatan

Photo :
  • DTN News via ANTARA

Dalam perkembangan yang signifikan, Jepang dan Jerman telah menandatangani Perjanjian Akses Timbal Balik (RAA), yang menandai perjanjian serupa yang pertama antara Jepang dan Asosiasi Negara-negara Tenggara. Anggota Bangsa-Bangsa Asia (ASEAN). 

RAA memfasilitasi kehadiran pasukan kunjungan dan kegiatan pelatihan militer gabungan. Perjanjian ini menggarisbawahi semakin pentingnya kerja sama keamanan di luar aliansi tradisional. 

Ketika kedua negara berupaya untuk meningkatkan kemampuan pertahanan mereka, kolaborasi mereka berkontribusi terhadap stabilitas regional dan berfungsi sebagai penyeimbang terhadap tantangan keamanan yang muncul.

Perjanjian-perjanjian ini, meskipun mendorong kerja sama, mungkin juga akan memancing reaksi dari Beijing, mengingat implikasinya terhadap sengketa Laut Cina Selatan.

Keseimbangan antara keamanan regional dan hubungan diplomatik tetap menjadi pertimbangan penting bagi semua pihak yang terlibat.

Amerika Serikat (AS) dan Filipina melakukan patroli gabungan kedua mereka di laut Cina selatan pada awal Januari tahun ini, sebagai bagian dari komitmen perjanjian keamanan mereka dengan mengerahkan kapal induk AS.

Kerja sama antara Filipina dan Vietnam serta keterlibatan Jepang dengan NATO AS dan pasukan Eropa menunjukkan semakin berkembangnya internasionalisasi keamanan di Laut Cina Selatan.

Pada tanggal 29 Januari Menteri Luar Negeri Jepang Yoko Kamikawa dan Duta Besar Jerman untuk Jepang Dr. Clemens Von Goetze menandatangani perjanjian akuisisi dan layanan silang ACSA di Tokyo.

Ini menyederhanakan proses pembagian makanan, bahan bakar dan amunisi antara pasukan pertahanan diri dan militer Jerman.

Sebagai tanggapannya, media pemerintah Tiongkok mengklaim bahwa perjanjian tersebut akan menabur benih ketidakamanan regional.

Sebagai negara ketujuh yang menandatangani ACSA dengan Jepang, Jerman telah meningkatkan partisipasinya di kawasan Indo-Pasifik dalam beberapa tahun terakhir dan telah memperkuat kerja sama keamanan dengan Jepang seperti seperti pengiriman kapal pengawal dan jet tempur ke Jepang untuk pelatihan bersama.

Menurut berita Kyoto, baik Jepang maupun Jerman menyadari bahwa keamanan Asia-Eropa tidak dapat dipisahkan mengingat pengaruh militer Partai Komunis Tiongkok yang terus meningkat dan invasi Rusia ke Ukraina.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya