Bobby Nasution Akui Medan Zoo Gagal Urus Harimau: Satwa Mati Nggak Ada Penerus

Wali kota Medan Bobby Nasution.
Sumber :
  • B.S Putra/ VIVA.

Medan – Wali Kota Medan, Bobby Nasution akui Kebun Binatang Medan atau Medan Zoo gagal dalam hal membiakkan harimau, jenis Sumatera maupun Benggala.

Anak Buah Bobby Nasution Ditunjuk Jadi Pj Bupati Deli Serdang

“Medan Zoo itu gagal dalam breeding (pembiakan). Dia harimau itu mati, tapi enggak ada penerus,” ucap Bobby, dilansir dari Antara Jumat, 16 Februari 2024.

Pusat penangkaran harimau di Taman Safari Bogor.

Photo :
  • VIVA/Adinda Permatasari
Bobby Nasution akan Jalin Komunikasi dengan NasDem dan PKB untuk Pilgub Sumut

Menurutnya, terakhir kali dua bayi harimau Benggala lahir dari induk betina bernama Wesa dan jantan bernama Avatar yakni pada 12 Juli 2018.

Sebagai informasi, dalam kurun waktu 3 bulan November-Februari, 5 harimau telah mati di Medan Zoo.

Kantongi Surat Tugas Maju Pilgub, Bobby Nasution: Tak Perlu Daftar Lagi ke Golkar Sumut

Harimau pertama yang mati di Medan Zoo yakni jenis Harimau Sumatera bernama Erha pada November 2023. Kemudian disusul Janis harimau Benggala bernama Avatar pada awal Desember 2023.

Lalu, jenis harimau Sumatera bernama Nurhalizah mati pada 31 Desember 202, keempat, jenis harimau benggala bernama Wesa mati pada 22 Januari 2024 dan terakhir jenis harimau Sumatera bernama Bintang Sorik pada Selasa, 13 Februari 2024.

"Makhluk hidup pasti mati. Poinnya itu yang dipersoalkan dia mati, tapi belum sempat ada penerusnya. Masa kebun binatang hewannya enggak ada yang boleh mati," jelas Bobby.

Seekor harimau sumatra terjerat perangkap babi di perkebunan warga di kawasan Desa Pastapjulu, Kecamatan Tambangan, Kabupaten Mandailing Natal (Madina), Sumatra Utara, Jumat, 19 Mei 2023.

Photo :
  • VIVA/B.S. Putra

Boby meminta agar para pemangku kepentingan bersama-sama melihat semua faktor atas kematian lima harimau tersebut. Menurutnya, kematian satwa itu bisa disebabkan akibat umur, pola pakan hingga perawatan yang salah.

“Nah ini juga bisa dijadikan salah satu faktor-faktor penyebab dia mati. Makanya itu, saya bilang manajemennya," pungkasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya