Viral, Anak Sekolah Korea Utara Terekam Sedang Nyanyi Lagu Halo-halo Bandung

Anak Sekolah Korea Utara
Sumber :
  • Istimewa

Jakarta – Pernahkah terbayangkan mendengar murid-murid sekolah di Korea Utara, sebuah negara yang sangat tertutup dan komunis, menyanyikan lagu Indonesia?

Workshop Makin Cakap Digital, Membentuk Kesadaran Etika Berjejaring bagi Guru dan Murid Sorong Papua

Belakangan ini, beredar sebuah video yang menunjukkan momen di mana murid-murid di Korea Utara menyanyikan lagu perjuangan "Halo-Halo Bandung" dengan lancar.

Video yang menjadi viral itu mulai beredar di berbagai media sosial, termasuk di akun Instagram @.faktaunikk7. Meskipun rekaman tersebut sebenarnya sudah tersebar beberapa tahun yang lalu, namun kembali menjadi viral di tahun 2024 ini.

Korut Kirim Utusan ke Iran, Kira-kira Ini yang Dibahas

Anak Sekolah Korea Utara

Photo :
  • Istimewa

Dalam rekaman tersebut, terlihat betapa mahirnya dan fasihnya para murid sekolah menengah di Korea Utara saat mereka menyanyikan lagu tersebut.

Pengakuan Pelaku Begal Siswa SMP di Depok Usai Ditangkap: Incar Anak Sekolah Bawa HP

Dengan menggunakan alat musik sederhana seperti drum, bass, dan akordeon, puluhan anak dari Korea Utara tersebut tampak menghayati setiap lirik dari lagu Indonesia yang mereka nyanyikan.

Para siswa laki-laki terlihat mengenakan kemeja putih lengan panjang, celana panjang biru, dan dasi merah dengan bentuk yang mirip dengan dasi pramuka di Indonesia. Di sisi lain, para siswi mengenakan baju putih lengan pendek, rok biru, dan dasi merah.

Dalam video tersebut, mereka terlihat melakukan gerakan tubuh dan mengayunkan tangan ke dada seolah-olah mereka merasakan kesedihan dan kerinduan dari Warga Negara Indonesia (WNI) yang berada jauh dari Tanah Air. Ternyata, mereka adalah murid-murid dari Sekolah Ryulgok di Pyongyang, ibu kota Korea Utara.

Terletak dekat dengan Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Pyongyang, Sekolah Ryulgok memiliki sejarah panjang sebagai sekolah persahabatan antara Korea Utara dan Indonesia sejak tahun 1980-an.

Informasi tersebut didapatkan dari akun YouTube Jaka Parker, seorang warga Indonesia yang bekerja di Korea Utara. Menurut Jaka, video ini direkam pada tahun 2015.

Anak-anak sekolah tersebut bernyanyi saat acara Resepsi Diplomatik dalam rangka perayaan Hari Ulang Tahun ke-70 Republik Indonesia di Hotel Potonggang, Pyongyang, Republik Demokratik Rakyat Korea (RDRK), pada tanggal 18 Agustus 2015.

Sekolah Menengah Ryulgok telah dikenal sebagai salah satu sekolah menengah terbaik di Korea Utara dan telah memperoleh prestasi nasional dalam bidang musik sejak tahun 1969.

Jaka, yang juga aktif membagikan informasi tentang kehidupan sehari-hari di Korea Utara melalui akun Instagramnya @jakaperker, mengungkap bahwa dia merekam video tersebut saat dia ditugaskan sebagai seksi dokumentasi oleh Kedutaan Besar Republik Indonesia di Pyongyang.

Lagu "Halo-Halo Bandung" bukanlah satu-satunya lagu yang dinyanyikan oleh para murid di Sekolah Ryulgok. Jaka juga membagikan beberapa video lain yang menampilkan para murid menyanyikan berbagai lagu Indonesia, baik itu lagu wajib nasional maupun lagu daerah, seperti "Tanah Airku", "Rayuan Pulau Kelapa", "Anak Kambing Saya", dan "Sarinande".

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya