Pemandangan Berbeda di Pantai Losari Makassar

Gerakan salat berjamaah di Pantai Losari Makassar.
Sumber :

VIVA.co.id – Pemandangan berbeda terlihat di sekitar kawasan wisata Anjungan Bugis Makassar, yang terletak di Pantai Losari. Tidak tampak seperti biasanya, di mana terlihat sejumlah warga masyarakat kota berbondong-bondong menuju lokasi wisata tersebut.

Raffi Ahmad Main Bola Bareng Gibran Rakabuming: Seneng Banget!

Yang membuatnya tampak berbeda adalah, karena mereka yang datang membawa perlengkapan salat. Setelah saya amati, ternyata di bulan yang suci ini Makassar punya program yang mengajak masyarakatnya untuk salat berjamaah.

Ada yang dikenal dengan Gerakan Makassar Salat Subuh Berjamaah (GMSSB). Bahkan, gerakan ini sudah berlangsung lama dan hampir semua dilaksanakan di Pantai Losari.

Pria di Gresik Meninggal Dunia dalam Posisi Sujud saat Salat Zuhur Berjamaah

Bahkan, di bulan Ramadan ini, GMSSB diintensifkan jadwalnya. Yang semula digelar satu bulan sekali, sekarang menjadi lebih padat, yaitu satu kali dalam seminggu. Saya juga dikagetkan dengan adanya salat tarawih berjamaah di Pantai Losari. Padahal, di sana ada juga sebuah masjid, yaitu Masjid Amirul Mukminin atau lebih populer dengan nama Masjid Terapung.

Semoga kegiatan salat berjamaah ini dapat digelar terus oleh pemerintah Kota Makassar dalam segala dimensi. Bukan hanya sekadar dimensi ritual tetapi juga dimensi sosial. (Tulisan ini dikirim oleh Elsa Andriani, Makassar)

Terkuak! Lokasi Ponpes Al Kafiyah yang Jadikan Wanita Imam Salat
Sorot ghirah - Umat muslim melaksanakan salat tarawih pertama di Masjid Al Markazur Islamic Lhokseumawe, Aceh

Alasan Rasulullah SAW hanya Tiga Kali Lakukan Salat Tarawih saat Ramadhan

Salat tarawih adalah salat sunnah yang khusus dilakukan pada bulan Ramadhan. Waktu pelaksanaan salat ini adalah selepas salat Isya dan biasanya dilakukan secara berjemaah

img_title
VIVA.co.id
17 Maret 2024