Beli Rumah Baru Lebih Untung Dibanding Bekas, Ini Faktanya

Ilustrasi perumahan.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra

VIVA.co.id – Sekarang, rumah memang menjadi sebuah kebutuhan yang secara terus menerus dicari oleh orang. Memiliki rumah memang sebuah kebahagiaan tersendiri, karena kita tidak perlu repot untuk membayar tagihan setiap bulan hingga bisa lebih mandiri, karena terpisah dengan orangtua.

Lisa BLACKPINK Beli Rumah Baru di Beverly Hills Seharga Puluhan Miliar

Sayangnya, semakin lama harga rumah bukannya semakin murah, malah semakin mencekik, apalagi untuk rumah baru. Dengan harganya yang mahal, banyak yang lebih memilih membeli rumah bekas. Padahal jika kita telisik, tanpa disadari ada berbagai keuntungan yang bisa kita dapatkan saat membeli rumah baru.

Berikut, berbagai macam keuntungan membeli rumah baru yang tidak kita sadari.

Geger, Ratusan Kulit Ular Menggantung di Langit-langit Rumah Baru

1. Fleksibel

Melakukan pembelian rumah baru baik tunai, atau pun skema kredit pemilikan rumah (KPR) memang lebih fleksibel, atau mudah. Jika Anda membeli dengan cara tunai, Anda hanya perlu membayar ketika sudah yakin dengan properti tersebut.

Respons Verrell Bramasta Ditanya Harga Rumah Barunya, Capai Puluhan Miliar?

Bagi Anda yang melakukan pembelian secara kredit, atau KPR? Anda akan mengalami kemudahan dalam pemilihan bank, karena biasanya pengembang sudah menjalin kerja sama dengan sebuah bank. Jika Anda ingin menggunakan bank tersebut, prosesnya akan lebih mudah. 

Jika Anda menemukan bank lain yang memiliki bunga lebih murah, Anda juga bisa memilihnya. Selain itu, hanya dengan membayar DP (uang muka), Anda sudah bisa menempati rumah baru kesayangan.

2. Harga lebih menguntungkan

Mungkin Anda bingung. Bagaimana mungkin harga yang mahal, malah menguntungkan? Saat membeli, kita terbantu dengan KPR. Sehingga, kita tidak perlu terlalu memusingkan harga. 

Di sini, yang harus dilirik ialah harga yang lebih menguntungkan. Harga jual proyek perumahan biasanya akan lebih murah dibandingkan dengan rumah bekas yang dijual. Artinya, Anda akan memperoleh harga yang murah dengan fasilitas terbaik.

3. Tak perlu renovasi

Bayangkan jika Anda membeli rumah bekas, di samping Anda harus mengumpulkan DP untuk pembelian dengan KPR, Anda juga harus merelakan uang untuk melakukan renovasi. Biasanya, rumah bekas yang dijual tidak dalam keadaan benar-benar baik. 

Kita harus melakukan beberapa renovasi, atau perbaikan, agar rumah nyaman dan aman ditinggali. Contohnya seperti membeli cat, membetulkan atap hingga halaman rumah. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya