Suu Kyi: Investasi Harus Berpihak pada Rakyat

Aung San Suu Kyi.
Sumber :
  • REUTERS/Valentin Flauraud

VIVAnews - Pasca berakhirnya pemerintahan junta dan dimulainya proses demokratisasi di Myanmar, negara-negara mulai mendekat dan membuka kembali hubungan ekonomi yang sempat mati suri. Aung San Suu Kyi mengatakan, ini adalah hal yang positif selama pertumbuhan ekonomi nantinya memihak pada rakyat dan buruh.

Berbicara di Organisasi Buruh Internasional (ILO) di Jenewa, Swiss, Kamis 14 Juni 2012, Suu Kyi menyadari bahwa negaranya kian dilirik setelah pemerintah demokrasi dibentuk. Terutama yang mulai membuka kembali hubungan adalah investor dari Barat, seiring dicabutnya berbagai sanksi ekonomi terhadap Burma, nama lain Myanmar.

Suu Kyi mengatakan yang dibutuhkan Burma saat ini adalah pertumbuhan ekonomi yang demokratis. Dia menghendaki agar setiap perkembangan di Myanmar berpihak pada rakyat. Setiap keuntungan investasi, dapat juga dirasakan rakyat, terutama kaum muda, yang butuh dukungan dalam membangun masa depan yang lebih baik.

"Saya menyerukan bantuan dan investasi yang akan memperkuat proses demokratisasi, dengan mempromosikan perkembangan sosial dan ekonomi yang berfaedah bagi reformasi politik kami," kata Suu Kyi.

Waspada, Masyarakat Jangan Tertipu Ditawarkan Berangkat Haji Gunakan Visa Non Haji

Suu Kyi juga menyambut baik keputusan ILO untuk mencabut sanksi dan melonggarkan kritikan terhadap Myanmar yang pada pemerintah junta menerapkan kerja paksa terhadap kelompok minoritas. Dengan dicabutnya sanksi ini, diharapkan semakin banyak investasi asing yang dapat menciptakan pekerjaan.

"Investasi asing yang bertanggungjawab terutama di sektor agro-bisnis dapat bermanfaat bagi perlindungan usaha kecil," kata Suu Kyi.

ILO menjadi salah satu tempat yang didatangi Suu Kyi dalam tur 16 hari di Eropa. Ini adalah kali pertama Suu Kyi mengunjungi benua ini setelah 24 tahun.

Dia dijadwalkan juga akan mengunjungi Norwegia, Irlandia, Inggris dan Prancis. Di Norwegia, dia akan menerima penghargaan Nobel yang diterimanya 21 tahun yang lalu atas perjuangan tanpa kekerasan untuk demokrasi dan hak asasi manusia. (umi)

Gak Nyangka, Begini Isi Garasi Epy Kusnandar yang Ditangkap Gegara Narkoba
Gunung Ibu Erupsi Kembali, Semburan Abu Membubung Tinggi 4.000 Meter!

Gunung Ibu Erupsi Kembali, Semburan Abu Tebal Membubung Tinggi 4.000 Meter

Gunung Ibu Erupsi Kembali, Semburan Abu Membubung Tinggi 4.000 Meter!

img_title
VIVA.co.id
11 Mei 2024