Pakar Hukum: Tak Etis Jaksa Tanya Fee Saksi dari Jessica

Sumber :
  • VIVA.co.id/M Ali Wafa

VIVA.co.id – Sidang kasus pembunuhan dengan terdakwa Jessica Kumala Wongso kembali digelar di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, kemarin. Sidang berlangsung hingga menjelang  Senin tengah malam. Sidang kali ini mendengarkan keterangan saksi ahli yang didatangkan dari pihak kuasa hukum terdakwa.

Otto Hasibuan Bakal Lapor Bareskrim soal Dugaan CCTV Kasus Jessica Wongso Dihilangkan

Saksi ahli patologi forensik dari Universitas Queensland yang dihadirkan merupakan warga negara asing. Jaksa Penuntut Umum sempat mempertanyakan asal muasal saksi yang bernama Beng Beng Ong.

Kesaksian Beng Beng di peradilan Indonesia diketahui bukan pertama kali, dia juga pernah menjadi saksi ahli dalam sidang bom Bali.

Terpopuler: Kasus Jessica Wongso Bisa Heboh Lagi, Kata Gus Miftah Soal Perang Palestina dan Israel

Sebelum menjelaskan paparannya, Beng Beng sempat diusik jaksa apakah mendapatkan fee (bayaran) untuk menjadi saksi. Pertanyaan itu membuat reaksi berbagai kalangan, termasuk pakar hukum pidana, Akhtiar Samli.

Menurut dia, pertanyaan tersebut tidak etis ditanyakan dalam persidangan. "Kalau dibilang etis dan tidak etis, pasti jawabannya tidak etis. Karena kita ketahui semua jika saksi ahli itu pasti mendapat bayaran," ujar Akhtiar sata berbincang dengan tvOne, Selasa, 6 September 2016.

Om Hao Ungkap Motif Pembunuhan Mirna Salihin: Tentang Harta dan Kekuasaan

Akhtiar menjelaskan, pertanyaan tersebut baru pertama kali dia dengar selama persidangan. Dia menduga, pertanyaan itu sengaja dilontarkan jaksa untuk mengetahui apakah saksi ahli tersebut bekerja atau tidak, karena berkaitan dengan visa yang digunakan untuk datang ke Indonesia.

Sementara itu, terkait dengan keterangan saksi ahli yang merupakan warga negara asing juga sempat menjadi perdebatan. "Karena kan tidak ada ketentuan yang mengatur tidak boleh pakai saksi orang asing. Agar tidak menjadi perdebatan panjang, lebih baik aturan tersebut direvisi," ucap dia.

Pengacara Otto Hasibuan

Otto Hasibuan Bakal Daftarkan PK Jessica Wongso Tahun Depan

Pengacara Jessica Kumala Wongso, Otto Hasibuan menyebutkan kalau saat ini tengah mengumpulkan sejumlah bukti baru dalam pembunuhan Mirna.

img_title
VIVA.co.id
18 Desember 2023