Lahan Sulit, DKI Minta Pengusaha Kembangkan Hunian Vertikal

Wakil Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Danar Dono

VIVA.co.id – Wakil Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat meminta pengusaha properti yang tergabung dalam Real Estate Indonesia (REI) membantu Pemerintah DKI Jakarta menyediakan hunian bagi warga Ibu Kota. Sebab, ketersediaan hunian di Jakarta sangat terbatas.

Joko Suranto, Crazy Rich Grobogan Jadi Calon Tunggal Ketua Umum REI

"Kami pemerintah urusannya untuk menengah ke bawah, kalau REI bisa menengah ke atas," kata Djarot saat membuka Rakerda REI 2016, di Jakarta Selatan, Selasa, 18 Oktober 2016.

Dalam membangun hunian, kata Djarot, REI diminta mendirikan bangunan vertikal. Langkah ini dianggap ampuh menyediakan banyak hunian dengan lahan yang terbatas di Jakarta.

REI Sebut UU Cipta Kerja Jadi Tantangan Utama Sektor Properti di Tahun 2023

"Mencari lahan di Jakarta ini susah dan mahal. Pemerintah masih kesulitan memenuhi unsur 'papan', makanya kalau mau membangun hunian harus vertikal jangan horizontal. Seperti yang kami lakukan saat ini," ujarnya.

Untuk menjalankan niat menghadirkan hunian bagi warga Ibu Kota, menurut Djarot, REI harus memperhatikan lingkungan setempat. "Jangan sampai kehadiran hunian tersebut malah menimbulkan masalah lingkungan yang merugikan warga," ujarnya.

Harga Rumah Subsidi Disebut Naik 7-8 Persen di 2023, Begini Respons PUPR soal Anggaran

Dia berharap, REI juga mempertimbangkan untuk mengembangkan ruang terbuka hijau (RTH) atau ruang terbuka biru (RTB) saat membangun proyek. "RTB untuk dapat menampung air hujan berlebih," ujar Djarot. (ase)

Presiden RI Joko Widodo

Jokowi Tawarkan 34 Ribu Hektare Lahan IKN ke Pengusaha Real Estate: Gak Ada Gratisan!

Presiden Jokowi menawarkan puluhan ribu hektare lahan kepada para pengusaha pengembang properti untuk berinvestasi di IKN. Sudah bisa dibeli saat ini

img_title
VIVA.co.id
9 Agustus 2023