Persebaya Surabaya Rekrut Pelatih Kontroversial

Pealtih Borneo FC, Iwan Setiawan.
Sumber :
  • Abe Hedly/Dok. PBFC

VIVA.co.id – Persebaya Surabaya bakal menjadi kontestan Liga 2 2017 mendatang. Usai status keanggotaannya dipulihkan PSSI, klub berjuluk Bajul Ijo tersebut langsung berbenah, salah satunya menunjuk pelatih kepala.

PSDS Digasak PSPS, Pelatih Zefrizal: Belum Kiamat, Ada 3 Pertandingan Lagi

Gebrakan dilakukan Persebaya. Mereka menunjuk Iwan Setiawan sebagai pelatih. Pria tersebut dalam beberapa musim belakangan terkenal sebagai juru taktik kontroversial, terutama ketika membesut Pusamania Borneo FC.

(Baca juga: Status Dipulihkan, Manajemen Persebaya Ditagih Bayar Utang)

Stefano Lilipaly Perpanjang Kontrak di Borneo FC

Memilih Persebaya bukan hal mudah bagi Iwan. Dia mengaku sampai menolak tawaran dari beberapa klub Liga 1 hanya demi melatih Mat Halil dan kawan-kawan.

"Ada beberapa tim ISL sempat berkomunikasi dengan saya, tapi setelah dihubungi manajemen Persebaya, saya langsung berharap bisa melatih klub ini," tutur Iwan kepada wartawan.

Persib Mulai Panaskan Mesin

Tanda-tanda Iwan bakal menjadi pelatih kepala Persebaya sudah tampak sejak kemarin. Pria yang pernah membesut Persija Jakarta tersebut datang memantau laga uji coba Persebaya melawan 81 FC di Gelora Bung Tomo, kemarin.

Iwan mengatakan, Persebaya adalah tim besar yang memiliki suporter besar dan militan berjuluk Bonek. Menurutnya, semangat dan militansi Bonek tersebut berpengaruh besar pada performa anak asuhnya dalam membela tim.

(Baca juga: Reaksi Andik Dengar Ingin Dipulangkan oleh Persebaya)

Dengan modal itu, Iwan optimistis mampu mewujudkan target Persebaya masuk di Liga Satu. Namun, dia mensyaratkan manajemen agar merekrut setidaknya lima pemain dengan kemampuan setingkat ISL.

"Bonek berjuang untuk kebesaran Persebaya. Begitu pula dengan pemain, harus bernyali sama dengan Bonek. Saya optimis Persebaya masuk kasta tertinggi," ujarnya menegaskan.

Selain soal pelatih, Persebaya kini juga tengah fokus membidik pemain. Andik Vermansah, salah satu yang diincar. Sejauh ini, para pemain yang terlihat di latihan rutin adalah pemain lama, seperti Mat Halil, Dedi Sutanto, dan Jefri Prasetyo. (mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya