PSMS Panaskan Mesin Tim Jelang Babak 12 Liga 2, Bantai Ratu FC 4-1

PSMS Medan kontra Ratu FC 4-1, di Stadion Baharoeddin Siregar
Sumber :
  • Dokumentasi PSMS Medan

MEDAN – PSMS Medan panaskan mesin tim jelang babak 12 besar Liga 2 Indonesian 2023/2024. Dengan melakukan laga uji coba melawan klub bola liga 3 asal Sumut, Ratu FC, dengan skor 4-1 di Stadion Baharoeddin Siregar, Kabupaten Deliserdang, Sabtu sore, 30 Desember 2023.

Erick Thohir Beberkan 'Kunci Sukses' Timnas Indonesia ke Media Asing

Laga uji coba ini, mempersiapkan skuad ayam kinantan menghadapi Persiraja Banda Aceh, di Stadion Baharoeddin, Sabtu 6 Januari 2024, mendatang. Segala persiapan terus digenjot untuk mengarungi babak 12 besar.

Hasilnya, menghadapi tim yang baru lolos ke babak delapan besar Liga 3 Zona Sumatera Utara itu, Rachmad Hidayat dkk meraih kemenangan 4-1. Rachmad mencetak gol pembuka menit ke-29 dari titik outih usai dilanggar di kotak penalti. Selanjutnya gol Aziz Hutagalung menit ke-36 menggandakan keunggulan PSMS.

Gaji di Timnas Miliaran, Pelatih Shin Tae-yong Mudah Beli Hyundai Palisade tiap Bulan

Di babak kedua, Ratu FC mencetak gol balasan menit ke-51, namun dibalas gol sepakan jarak jauh Eduardus menit ke-57. Assanur Rijal memperbesar keunggulan PSMS lewat golnya menit ke-79 dari titik putih.

Untuk diketahui, terakhir kali PSMS bertanding menghadapi Sriwijaya FC (SFC) di Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring, Palembang, Minggu 17 Desember 2023, lalu. Laga penutup babak Grup 1 itu berakhir imbang 2-2 dan membuat PSMs Medan melaju ke babak 12 besar.

Fenomenal, Timnas Indonesia U-23 Lolos Semifinal Piala Asia U-23 Usai Kalahkan Korsel

Usai pertandingan, Pelatih PSMS Medan, Miftahudin Mukson mengatakan, salah satu target ujicoba tersebut yakni agar pemain PSMS bisa kembali merasakan atmosfer pertandingan setelah jeda pasca berakhirnya babak grup. 

"Target hari ini adalah bagaimana saya mengembalikan feel (rasa) pemain di situasi pertandingan. Saya tidak melihat hasil, saya tidak melihat lawan, yang penting bagi saya adalah bagaimana pemain saya merasakan lagi bagaimana situasi pertandingan," ucap Miftahudin kepada wartawan, usai pertandingan.

Tidak seperti internal game, Miftahudin menyebut laga uji coba kontra tim lain membuat pemain memiliki respons berbeda, respons yang diharapkan akan dilakukan saat pertandingan sebenarnya.

"Saya bisa saja buat internal game tapi pasti akan berbeda respons-nya, pasti berbeda respons pada saat ada lawan," ucapnya.

Kendati menghadapi tim Liga 3, Coach Miftah, sapaannya, memuji performa lawan yang PSMS hadapi tersebut.

"Ya dia (Ratu FC) memang Liga 3 tapi lumayan lah, dan kalau dia lolos delapan besar, itu wajar," kata dia lagi.

Miftahudin pada pertandingan tersebut terlihat sengaja menurunkan tim berbeda pada babak pertama dan di babak kedua. Menurutnya, hal tersebut dilakukan agar semua pemain bisa merasakan pertandingan.

"Biar semua pemain merasakan situasi pertandingan yang sempat jauh. Sebenarnya 
Ada target kemarin kita sebelum ujicoba ada program yang sudah kita buat. Kita mau ujicoba supaya semua pemain yang belum pernah dapat menit bermain bisa dapat menit bermain. Tap terkendala cuaca, situasi hujan segala macam," pungkasnya.

Pelatih Ratu FC, Dosman Sagala, bersyukur timnya bisa menghadapi lawan sekelas PSMS Medan. Dengan begitu kata dia, tim pelatih bisa melakukan evaluasi jelang berputarnya babak delapan besar Liga 3 Zona Sumatera.

"Saya alhamdulillah bisa dapat lawan kayak dia (PSMS) ini, dua-tiga grade di atas kita ini. Namanya kalah itu biasa, tapi kita menuju delapan besar ini apa yang mau kita buat, kan dapat kelemahannya. Mana yang gak layak pemain, kita kan udah tahu sekarang.," ucapnya singkat.

 
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya