All-Spanish Final Terjadi di Liga Champions dan Liga Europa?

Atletico Madrid bisa bertemu Real Madrid di final liga Champions
Sumber :
  • REUTERS

VIVA.co.id – Leg 1 semifinal Liga Champions dan Liga Europa telah selesai dihelat. Melihat hasil di leg 1, all-Spanish final atau final sesama tim Spanyol bisa terwujud di dua kompetisi Eropa tersebut.

Mikel Arteta Menolak Panik, Yakin Arsenal Bakal Bangkit

Peluang untuk ke arah sana sangat terbuka lebar. Tim-tim asal Spanyol meraih hasil positif yang bisa menjadi bekal bagus di leg 2. Liga Champions berpotensi menghadirkan El Derbi Madrileno atau Derby Madrid. Ini akan menjadi final ulangan dua tahun silam.

Madrid mampu menahan Manchester City 0-0 di Etihad. Mereka punya peluang besar saat tampil di Santiago Bernabeu di leg 2. Sementara itu, Atletico Madrid membuka peluang ke final, usai menekuk Bayern Munich 1-0 di Vicente Calderon.

Liverpool Tersingkir dari Liga Europa Saat Bayer Leverkusen Melaju ke Semifinal

(Baca juga: Atletico Buka Jalan, Derby Madrid Lagi di Final?)

Di Liga Europa, sangat memungkinkan terjadi final antara Sevilla melawan Villarreal. Dua tim ini mampu meraih hasil positif sebelum tampil di leg selanjutnya..

5 Klub Sepakbola yang Sering Tampil di Final Liga Champions, Real Madrid Teratas?

Sevilla mendapatkan dua gol tandang dengan menahan imbang Shakhtar Donetsk 2-2 di L'viv Arena. Sementara itu, Villarreal mampu menekuk Liverpool 1-0 di Vicente Calderon.

Bagaimana peluangnya. Menurut Mister Chip, peluang untuk terjadi all-Spanish final di Liga Europa dan Liga Champions musim ini adalah 23 persen.

Sebelumnya, all-Spanish final pernah dua kali terjadi baik di Liga Europa maupun Liga Champions. Namun, belum pernah terjadi di musim yang sama. Tentunya, jika hal ini terwujud, akan menjadi sejarah tersendiri.

All-Spanish Final di Liga Champions

1999/00: Real Madrid 3-0 Valencia (Stade de France, Saint-Denis)
2013/14: Real Madrid 4-1 Atletico Madrid (Estádio da Luz, Lisbon)

All-Spanish Final di Liga Europa
2006/07: Sevilla 2-2 (3-1p) Espanyol (Hampden Park, Glasgow)
2011/12: Atletico Madrid 3-0 Athletic Bilbao( Arena Na?ionala, Bucharest)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya