Mourinho dan Guardiola Dulu Sahabat, Mengapa Berubah?

Pep Guardiola (kiri) saat masih menjadi pemain Barcelona.
Sumber :
  • Offside - Marca

VIVA.co.id – Persaingan panas terjadi di antara Pep Guardiola dan Jose Mourinho. Keduanya adalah dua manajer tersukses di dunia sepakbola sekarang, yang bakal bertemu menjadi rival sekota. Guardiola di Manchester City dan Mourinho bersama Manchester United.

Kejutan, Mourinho Bujuk Cristiano Ronaldo Gabung ke AS Roma

Dikutip dari Sports Mail, Selasa 24 Mei 2016, tidak banyak orang yang sadar bahwa keduanya pernah sangat dekat. Mereka pernah bekerja sama di Camp Nou pada 1990an, saat Barcelona ditangani oleh Sir Bobby Robson.

Hubungan mereka jadi hambar sejak 2008, ketika Barcelona berjudi dengan menunjuk Guardiola yang tidak berpengalaman, menjadi pengganti Frank Rijkaard. Barca mengabaikan Jose Mourinho, yang telah berharap dan menunggu kesempatan mendapatkan posisi itu.

Ribut-ribut Jose Mourinho dengan Pemain Sassuolo

Dia bahkan mempertimbangkan, untuk menjadikan Guardiola sebagai asistennya. Mourinho pun memutuskan berbalik melawan bekas klubnya. Dia memilih Inter Milan dan sangat puas ketika mengalahkan Barcelona, di semifinal Liga Champions 2010.

Mourinho meningkatkan level persaingannya dengan Guardiola, dengan menerima pinangan Real Madrid. Hubungan mereka semakin beracun, karena Mourinho menikmati setiap keesempatan untuk menjatuhkan Guardiola.

Roma Gagal Menang 3 Laga Beruntun, Jose Mourinho Frustrasi Berat

"Kami bekerja sama selama empat tahun. Dia tahu saya, saya tahu dia dan itu saja. Jika masalah ini lebih dari persahabatan kami, maka itu terserah padanya. Meninggalkan rasa tak enak di mulut Anda, ketika seseorang yang Anda kenal, melakukan apa yang dia lakukan," kata Guardiola tentang Mourinho, pada April 2011.

Keduanya pernah bertemu dalam 16 pertandingan. Guardiola sejauh ini unggul dengan tujuh kemenangan, sementara Mourinho baru tiga kali membalas.

Pelatih AS Roma, Jose Mourinho

Jose Mourinho Saksikan Kemenangan AS Roma dari Bus

Jose Mourinho tidak bisa mendampingi langsung AS Roma dari tepi lapangan saat melawat ke markas Spezia.

img_title
VIVA.co.id
28 Februari 2022