Xavi Kritik La Masia Minim Lahirkan Bintang Lagi

Mantan bintang Barcelona, Xavi Hernandez
Sumber :
  • Fcbarcelona.com

VIVA.co.id – Akademi sepakbola Barcelona, La Masia, memang jadi salah satu yang terbaik di dunia. Dari akademi sepakbola ini, muncul nama-nama besar semisal, Xavi Hernandez, Andres Iniesta, Carles Puyol, hingga fenomena sepakbola dunia, Lionel Messi. Namun, masa keemasan La Masia saat ini mulai pudar.

Lionel Messi dan Sergio Busquets Bikin Gol, Inter Miami Amankan Puncak Klasemen

Barcelona dengan beberapa pemain andalan yang lahir dari La Masia, mampu merajai sepakbola Eropa dan dunia dalam kurun waktu 10 tahun terakhir. Bukan cuma Xavi, Iniesta, atau Messi, ada nama-nama seperti Jeffren Suarez, Bojan Krkic, hingga Giovani dos Santos, yang juga ikut merasakan dominasi bersama The Catalans.

Namun, Barcelona yang memiliki akademi sekaliber La Masia, saat ini justru lebih banyak mendatangkan pemain dari luar dibanding memakai produk asli akademinya sendiri. Sergi Roberto adalah satu-satunya alumnu La Masia yang masuk dalam skuat utama Los Azulgranas, saat masih ditangani oleh Luis Enrique.

Lionel Messi Butuh Bantuan 'Orang Dalam' untuk Tampil di Piala Dunia Antarklub 2025

Hal ini yang jadi bahan kritik Xavi. Xavi yang juga besar dari La Masia, merasa akademi sepakbolanya seperti "mati suri". Eks kapten Barcelona ini juga tak segan mengatakan jika akademi La Masia seperti tertidur, dan tak lagi menghasilkan pemain-pemain papan atas.

"Saya pikir secara umum Barca menjadi sedikit puas. Saya yakin, banyak orang berpikir, 'Puyol, Iniesta, Messi, (Victor) Valdes, (Gerard) Pique, Pedro (Rodriguez) dan (Sergio) Busquets adalah pemain tangguh. Ini semua berjalan dengan baik. Tentunya, setiap dua tahun atau lebih akan ada pemain (muda) yang datang," kata Xavi dikutip ESPN.

Comeback Usai Cedera, Lionel Messi Langsung Bikin Gol! Tapi Inter Miami ...

"Tapi, tidak seperti itu dan bukan itu yang terjadi. Saya belajar bermain bukan di tim utama. Pelatih akademi harus mengembangkan potensi pemain, mereka harus mengajarkannya. Memenangkan liga (junior) bukan masalah utama. Anda harus membentuk pemain pada usia itu. Jika Anda memenangkannya tentu sangat bagus, tapi bukan itu tujuannya. Secara umum saya pikir Barcelona seperti tertidur dalam hal itu," ujarnya.

Saat ini, belum diketahui siapa pemain muda yang akan dipromosikan oleh pelatih anyar, Ernesto Valverde. Nama Sergi Roberto juga belum tentu akan jadi pilihan utama Valverde, mengingat Barcelona sudah mendatangkan pemain anyar, Nelson Semedo.

Bali United vs Bhayangkara FC

Terpopuler: Sindiran Suporter Bali United, Media Asing Puji Indonesia

Suporter Bali United menjadi sorotan saat tim kebanggaannya menjamu Bhayangkara FC dalam pertandingan lanjutan Liga 1 di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar.

img_title
VIVA.co.id
22 April 2024