Expro, Asuransi untuk Ponsel Anda

VIVAnews - Kini tak hanya ponsel baru yang ada asuransinya, ponsel second pun bisa diasuransikan dengan Expro. Dengan layanan baru bertajuk Expro Next, para pengguna ponsel second merk tertentu kini berhak mendapatkan perlindungan ekstra dari Expro, seperti ponsel tercemplung ke dalam air, terlindas mobil, sampai ke perampokan.

Sebelumnya, PT Extra Proteksi Indonesia (Expro) yang bermitra dengan Asuransi Sinar Mas hanya menawarkan jasa asuransi yang dibundle dengan ponsel baru. Layanannya itu bertajuk Expro First.

“Sekarang, kami juga menawarkan jasa asuransi untuk ponsel lama atau second, namanya Expro Next,” kata Amir Hamzah, Managing Director Expro di sela media briefing terkait update terbaru Expro di Restoran Wan Toe, Mal Ambassador, Jakarta, Sabtu 6 Juni 2009.

Inisiatif ini, kata Amir, dilatarbelakangi tingginya permintaan di pasar untuk asuransi ponsel bukan baru. Potensinya pun dinilai Expro cukup besar.

“Menurut survey kami, hanya ada sekitar 30-40 persen pengguna yang membeli ponsel baru. Jadi, masih ada sekitar 70 persen potensi pelanggan yang bisa digarap Expro Next,” ucap Amir.

Namun, untuk menikmati layanan terbaru Expro ini, ada beberapa syarat yang musti dipenuhi calon nasabah. “Yang jelas, bukan produk black market. Jadi, setidak-tidaknya calon nasabah harus menunjukkan kartu garansi resmi vendor,” Amir menerangkan.

Syarat lainnya, varian ponsel yang diasuransikan masih tersedia di pasaran. “Tidak discontinue. Kalau sudah discontinue, kami tak bisa asuransikan. Contohnya, Nokia 9330i. Varian ini kan sudah tak diproduksi baru lagi,” katanya.
Perlu diketahui, beberapa ponsel yang bisa diasuransikan dengan Expro, baik Expro First maupun Expro Next, di antaranya Nokia, Sony Ericsson, Motorola, LG Mobile, Samsung, ZTE, dan Mito Mobile. “Dalam waktu dekat, BlackBerry akan menyusul. Tepatnya, akan kami umumkan pada Indonesia Cellular Show (ICS) 2009 di JCC tanggal 10-14 Juni mendatang,” ungkap Amir.
Untuk menikmati Expro Next, lanjutnya, calon nasabah dapat mengunjungi seluruh gerai atau sentra penjualan resmi mitra Expro, atau dengan mengunjungi Expro Center. “Kalau Expro Center baru ada di Jakarta dan Bali. Di Jakarta, ada di ITC Cempaka Mas, ITC Roxy Mas, dan Mal Ambasador. Di Bali, berlokasi di Cellular World, Denpasar,” ucapnya.

Terkait nilai tanggungan yang ditawarkan, Expro mengatakan, maksimal sesuai dengan harga ponsel merk tersebut di pasar ketika itu, bukan harga saat pertama kali nasabah membelinya.

“Kalau hancur terlindas kendaraan, hilang karena dirampok, atau alasan lain yang sesuai dengan ketentuan dan diharuskan untuk mengganti baru, akan kami ganti dengan yang baru. Tapi, kalo perbaikan (partial lost), akan kami ganti maksimal menyentuh harga jualnya di pasar ketika itu. Kalau belum sampai menyentuh nilai tanggungan maksimal, nasabah boleh mengklaim lagi bila ada kerusakan ke depannya,” urai Amir.

Adapun premi yang ditetapkan Expro untuk Expro Next terbagi menjadi empat kelas. Kelas A, varian ponsel seharga dua juta rupiah ke bawah, premi yang harus dibayar calon nasabah adalah Rp 75 ribu untuk asuransi 12 bulan. Kelas B, varian ponsel dengan kisaran harga 2-3,5 juta rupiah, preminya sebesar Rp 90 ribu. Sedangkan Kelas C, varian ponsel dengan kisaran harga 3,5-6 juta rupiah, preminya sebesar Rp 150 ribu. Dan, Kelas D, varian ponsel seharga Rp 6 juta ke atas, preminya Rp 200 ribu untuk 12 bulan asuransi.

Hasil Liga 1: Tampil Ngotot dari Awal, PSIS Semarang Gilas Persikabo 1973
Fitri Carlina dan Rafael Struick

Nonton Langsung di Qatar, Fitri Carlina Menangis Saat Timnas Indonesia Menang Lawan Korea Selatan

Saking bahagianya, Fitri Carlina sampai terlihat menundukan kepala dan menangis bahagia atas kemenangan Timnas Indonesia saat melawan Korea Selatan.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024