Pria Biasanya Tidur Usai Bercinta, Ternyata ini Sebabnya

Ilustrasi bercinta.
Sumber :
  • Pexels/Burst

VIVA – Pasangan Anda tertidur setelah bercinta atau tidak melakukan sesi afterplay, jangan langsung merasa sebal. Karena, ada alasan ilmiah di balik prilaku pria tersebut.

Ini 6 Cara Buat Suami Bertahan di Atas Ranjang

Dilansir dari laman Times of India, ada beberapa alasan kenapa pria melakukannya dan tidak ada kaitannya sama sekali dengan kondisi hubungan Anda, cinta, atau performanya di ranjang.

Menurut para ahli kesehatan, begitu pria mencapai orgasme, kimia di dalam tubuhnya berubah. Hal ini terjadi ketika prolaktin biokimia dilepaskan, sehingga membuatnya lelah dan cenderung tertidur setelah sesi intim bersama pasangannya.

Hati-hati, 7 Dosa Bikin Pasangan Ogah Bercinta

Hal ini biasanya memang tidak terjadi pada wanita, meskipun mereka sudah mencapai orgasme. Wanita tetap terangan secara semi seksual dan mereka senang memanjakan diri dalam pelukan, kasih sayang, dan percakapan mesra usai hubungan seks.

Alasan lain kenapa pria tidur setelah berhubungan seks (dan wanita tidak) adalah karena saat berhubungan seksual dan setelah klimaks, pengerahan tenaga dan kelelahan cenderung mengurangi glikogen penghasil energi di dalam otot.

3 Cara Bikin Pasangan Happy di atas Ranjang dan Gak Bosen Sama Kamu

Merasa Tenang

Karena wanita memiliki massa otot yang lebih sedikit, mereka tidak merasa sangat kelelahan setelah bercinta. Selain itu, seks membuat merasa tenang dan melepaskan hormon oksitosin.

Hormon ini membantu menghilangkan kecemasan dan pikiran stres, serta membuat Anda lebih mudah tertidur setelahnya.  Hal ini terjadi juga pada wanita tapi perasaan mereka yang masih setengah terangsang membantu mereka tetap aktif selama beberapa waktu.

Ada peluang jika bercinta dengan lampu padam bisa membuat lebih tenang dan bebas stres. Kegelapan memberikan tubuh Anda sinyal bahwa ini waktunya tidur dan hormon melatonin akan menyalakan siklus tidur. Perpaduan ketiga hal yaitu prolaktin, oksitosin, dan melatonin akan membangkitkan rasa kantuk. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya