Dokter Malaysia Pantau Kualitas Kesehatan RI, Ini Caranya

Pengembangan vaksin untuk Virus Zika.
Sumber :
  • REUTERS/Mike Segar

VIVA.co.id – Kesehatan nasional tidak hanya menjadi sorotan masyarakat Indonesia. Kalangan medis dari Negeri Jiran Malaysia pun turut pantau kualitas layanan kesehatan di Tanah Air.

Nasib Baik Pak Leman Perusak Patok Batas RI Malaysia saat Disergap TNI

Direktur Clinical Research Centre (CRC) Kuala Lumpur, Malaysia, Goh Pik Pin, mengaku turut memerhatikan taraf kesehatan di Indonesia. Menurutnya, besarnya wilayah Indonesia menjadi salah satu faktor penting mengutamakan kesehatan.

“Indonesia enam kali lebih besar dari Malaysia, itu mengapa kesehatan harus diutamakan. Karena jika terabaikan, maka wabah penyakit juga akan menyebar dan mampu menularkan pada jumlah warganya yang banyak," ujar Goh dalam seminar “On Health” yang diadakan Kementerian Kesehatan RI, Rabu 19 Oktober 2016.

Ini Penampakan Patok Batas RI Malaysia yang Dirusak Saat Ditemukan TNI

Dokter asal Negeri Jiran itu juga sempat memberikan tabel tentang tingkat kesehatan di kawasan Asia Tenggara, khususnya dua negara yakni Malaysia dan Indonesia.

Melalui perspektif pekerja kesehatan, ia bersama CRC mengaku rutin dalam melakukan riset-riset yang bertujuan untuk meneliti taraf kesehatan. Menurut Goh, banyak hal yang mesti dipersiapkan agar riset tersebut mampu berjalan lancar.

10 Tahun Kabur ke Malaysia, Pembunuh di Jember Akhirnya Ditangkap

"Tentu ada banyak hal yang mesti dipantau, seperti fasilitas hingga tingkat kenyamanan para periset. Kita menginginkan agar fasilitas kesehatan dapat ditebus dengan biaya yang terjangkau oleh semua orang, sehingga penting bila riset ini terus dilakukan," ujar Goh.

Selain memaparkan sejumlah proyek, Goh yang mengaku sulit untuk melepas bahasa melayunya tersebut juga turut menjelaskan program serta visi misi dari CRC dalam melakukan riset kesehatan. Ia pun turut menaruh perhatian terhadap virus zika yang kini diwaspadai penyebarannya terutama di Indonesia dan Malaysia.

Kemenkes hari Kesehatan Nasional

Laporan: Boby Agung

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya