Wajib Tahu Tujuh Fakta Berikut Sebelum Beli Buah Semangka

Ilustrasi makan buah/semangka
Sumber :
  • Pexels/Kristina Paukshtite

VIVA.co.id – Jika Anda adalah seorang yang pecinta semangka, pasti Anda sering menbeli buah berukuran besar ini. Namun, ada fakta-fakta tertentu yang harus Anda ketahui sebelum berbelanja buah semangka.

5 Buah Manis yang Berbahaya Bagi Penderita Diabetes, Apa Saja?

Seperti yang Anda ketahui, semangka adalah buah musiman yang ditemukan di banyak negara tropis seperti Indonesia. Buah ini kaya akan kandungan air dan juga berbagai nutrisi lainnya. Semangka juga memiliki banyak manfaat kesehatan yang dapat membantu tubuh tetap sehat dan aktif, apalagi jika dikonsumsi sehari-hari.

Namun, seperti buah atau sayuran lainnya, semangka juga memiliki efek negatif tertentu, terutama jika Anda mengkonsumsinya tanpa mengetahui fakta-fakta pentingnya. Berikut ini adalah tujuh diantaranya, seperti dilansir dari laman Boldsky.

Tertulis di Alquran, 6 Buah Ini Punya Khasiat Luar Biasa untuk Singkirkan Penyakit

-Hindari membeli semangka yang memiliki bintik-bintik kuning pucat di bagian kulitnya. Itu karena hal ini menunjukkan bahwa semangka dipetik terlalu cepat dan kemungkinan belum cukup matang.

-Buah semangka akan lebih bergizi bila disimpan di suhu ruangan dibandingkan didinginkan di dalam lemari es. Menyimpannya di suhu ruangan memungkinkan Anda mendapat semua manfaat kesehatan dari semangka.

Siapkan Menu Sehat untuk Sahur dan Buka, Begini Cara Simpan Sayuran Agar Awet Segar

-Semangka memiliki banyak debu dan bakteri di bagian kulitnya sehingga buah ini harus dicuci secara menyeluruh sebelum dipotong dan dimakan.

-Manfaat kesehatan utama semangka yakni dapat menjaga tubuh tetap terhidrasi sepanjang waktu. Itu karena semangka mengandung lebih dari 70 persen cairan, sehingga buah ini merupakan buah musim panas yang ideal.

-Anda dapat bisa membuat smoothie dan jus buah dari semangka, tanpa perlu menambahkan gula sedikitpun.  Jus semangka sangat tepat dijadikan minuman sehat yang dapat membantu Anda menurunkan berat badan.

-Buah ini bisa sangat bermanfaat dalam mencegah penyakit jantung, seperti membersihkan pembuluh darah arteri Anda untuk meningkatkan aliran darah.

-Manfaat kesehatan dari semangka termasuk membantu pencegahan kanker karena kandungan antioksidan yang sehat di dalamnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya