Tujuh Cara Bikin Jus di Rumah

Ilustrasi jus
Sumber :
  • Pixabay/skeeze

VIVA.co.id – Sebagian besar orang menjalani gaya hidup yang membuat mereka merasa sehat. Nah, jus adalah salah satu cara penting untuk menjaga kesehatan. Tapi ada beberapa hal yang Anda mungkin perlu ketahui sebelum Anda meminum jus.

Tips Simpan Bawang Biar Awet, Masak Sahur dan Buka Puasa Jadi Sat Set

Salah satunya, jika tidak disajikan dengan baik, jus tidak dapat membantu Anda menjalani hidup sehat. Selain itu, jika tidak mengikuti dasar-dasar tertentu, meminum jus bisa menjadi sangat kontraproduktif.

Untuk itu, simak beberapa tips yang wajib diketahui sebelum membuat dan mengonsumsi jus, seperti dilansir dari laman Boldsky.

Buah Belimbing Bisa Turunkan Kolesterol Cuma Mitos, Ini Kata Dokter

-Saat membuat jus seringkali orang menggunakan juicer atau blender. Jika Anda tidak mencuci mereka dengan hati-hati, bakteri dapat berkembang biak di dalam alat-alat ini dan membuat semua jus Anda terkontaminasi. Jadi, cucilah alat pembuat jus dengan baik.

-Ketika mengonsumsi jus buah, kita cenderung menambahkan gula. Hal ini meningkatkan asupan gula tanpa Anda sadari. Oleh karena itu, hindari menambahkan gula ke semua jus yang Anda buat. Agar lebih sehat, pilih pemanis alami seperti madu.

Kisah Perjuangan Delly Clarissa, dari Ibu Muda Biasa Jadi Konten Kreator

-Selalu membuat jus dari buah-buahan atau sayur-sayuran yang segar, Selain itu juga jangan simpan jus di lemari es. Sebagian besar jus bermanfaat pada kesehatan jika segera diminum.

-Hal lain yang perlu diketahui adalah tentang kombinasi yang sehat dan tidak sehat. Tidak semua kombinasi dari buah-buahan dan sayuran cenderung sehat. Konsultasikan terlebih dahulu kepada ahli diet Anda untuk mengetahui tentang kombinasi buah-buahan dan sayuran yang sehat.

-Tidak semua sayuran baik dikonsumsi dalam kondisi mentah. Beberapa dari mereka perlu dimasak untuk membuatnya menjadi lebih sehat. Jadi, Anda harus terlebih dahulu tahu tentang fakta-fakta gizi sayuran sebelum membuatnya menjadi jus.

-Risiko infeksi bakteri seperti salmonella mungkin tinggi bagi mereka yang mengonsumsi buah atau sayur mentah. Itulah mengapa Anda perlu untuk mencucinya dengan hati-hati sebelum dibuat jus.

-Saat dihaluskan, buah dan sayur kehilangan kandungan seratnya, terutama jika Anda menyaring semua sarinya. Jadi, pastikan bahwa Anda minum jus tanpa disaring untuk mendapatkan lebih banyak manfaat kesehatan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya