Kelahiran Baleno Tanpa Ekor Makin Dekat

Suzuki Baleno RS.
Sumber :
  • Rushlane

VIVA.co.id – Setelah lama tak terdengar, mobil sedan Suzuki yang dulu pernah laris di 1990-an akhirnya direncanakan menampakkan kehadirannya lagi. PT Suzuki Indomobil Sales, agen pemegang merek Suzuki di Indonesia, akan menghadirkan varian terbaru dari Baleno. 

Suzuki Baleno Baru Meluncur, Harganya Lebih Murah dari Honda Brio

Kendati demikian, sedan itu nantinya akan berubah bentuk. Suzuki kini telah mempersiapkan mobil sedan andalannya itu untuk bisa dijadikan model hatchback, tanpa ekor. Wujudnya sudah dipamerkan di perhelatan Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS), pertengahan 2016 lalu. Lantas, kapan akan diluncurkan?

Marketing Director 4W PT SIS Donny Ismi Sahputra mengatakan, sampai saat ini pihaknya terus melakukan studi mendalam mengenai Baleno hatcback. "Cukup berat ya pertanyaannya, yang jelas kami saat ini masih kembangkan model itu untuk bisa sesuai dengan karakter di sini," kata Donny menjawab pertanyaan VIVA.co.id di Bogor, Jawa Barat. 

Segera Meluncur, Suzuki Baleno Hatchback Baru Bakal Dijual di RI?

Meski demikian, Donny sedikit memberikan bocoran soal peluncuran mobil pesaing Honda Jazz dan Toyota Yaris itu. Kata dia, debut pertama mobil terbarunya itu akan dilakukan pada semester kedua di tahun 2017. "Bisa jadi semester dua ya, kami sedang siapkan. Kemungkinan juga tidak hanya Baleno saja di semester dua, ada model lain juga," ujarnya. 

Sementara itu, saat ditanyai detail spesifikasi yang menjadi pembeda dengan kompetitornya, Donny masih menutup rapat-rapat informasinya. 

Siap-siap Kaget Lihat Fitur Mobil Rp150 Jutaan Ini

Sebelumnya, Suzuki Indonesia juga menyatakan siap untuk memboyong Baleno hatchback tahun ini ke Tanah Air. Kepastian itu disampaikan Section Head 4 Wheel Product Development Suzuki Indomobil Sales, Harold Donnel. Kata dia, beberapa waktu lalu, Suzuki Indonesia saat ini sedang menyiapkan semua keperluan untuk peluncurannya. "Mudah-mudahan, kalau tak ada halangan melintang kami berharap 2017 sudah bisa hadir," ujarnya kepada VIVA.co.id.

Harold mengatakan, Baleno terbaru akan diimpor langsung dari India. Ini bukan pertama kalinya SIS melakukan hal tersebut. Beberapa model mobil Suzuki juga didatangkan langsung dari Negeri Hindustan, seperti Ciaz dan SX4 S-Cross.

Jika memang jadi masuk ke Tanah Air, kemungkinan dimensi Baleno hatchback akan memiliki panjang 3.995 milimeter, lebar 1.745 mm, dan tinggi 1.470 mm dan juga wheelbase-nya 2.520 mm. Untuk dapur pacunya, mobil yang diproduksi di India itu juga dibekali sejumlah varian mesin, sebut saja K10C 1.0-liter, K12B 1.2 liter, K12C 1.2-liter dan K14B 1.4-liter, serta mesin diesel 1.3-liter.

Suzuki rencananya akan menyediakan dua varian transmisi CVT, yaitu manual lima-percepatan, dan otomatis enam-percepatan. Sementara untuk bagian eksterior dan interiornya, Baleno hatchback dibekali lampu depan kombinasi proyektor dan LED. Hal itu juga terjadi pada bagian belakangnya. Ditambah, dengan penyematan pelek alloy 16 inci, spoiler di belakang, sistem infotaiment layar sentuh tujuh inci dengan dukungan satelit navigasi, dan enam kantung udara.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya