Kaesang Pangarep
25 Desember 1994 - Sekarang
Kaesang Pangarep

Anak bungsu Presiden Joko Widodo ini dikenal paling berbeda dengan kedua kakaknya. Selain memiliki jiwa humoris tinggi, Kaesang Pangarep aktif di media sosial.

Kaesang Pangarep lahir di Solo, 25 Desember 1994 dari pasangan Joko Widodo dan Iriana. Ia anak bungsu dari tiga bersaudara. Kakaknya bernama Gibran Rakabuming Raka dan Kahiyang Ayu. Bapaknya Presiden RI ke-7.

Kaesang dibesarkan di kota kelahirannya. Sejak SMA, ia menempuh pendidikannya di Singapura mengikuti jejak sang kakak, Gibran Rakabuming Raka. Setelah lulus dari Anglo-Chinese School International dengan mengambil program International Baccalaureat, Kaesang pun melanjutkan kuliah di Singapore Institute of Management University.

Di tengah menjalani kegiatan rutinitasnya, Keasang terbilang aktif di media sosial dengan memiliki beragam akun media sosial, mulai dari twitter, blog, youtube, hingga instagram.

Ia mulai bergabung dengan twitter pada 2010 saat usianya menginjak 16 tahun. Kemudian tahun berikutnya memiliki blog. Dan disusul instagram pada tahun 2012.

Ia baru mulai terlihat aktif sejak bapaknya menjadi Gubernur DKI Jakarta pada pada 2012. Namun, ia makin aktif di dunia media sosial setelah bapaknya menjadi Presiden RI ke-7 periode 2014-2019.

Di dunia media sosial ini, ia memposting beragam konten. Mulai dari masalah pribadi seperti pacar, penampilan, hingga bisnis. Bahkan tidak jarang konten-konten lucu ia unggah.

Soal asmara, Kaesang sendiri mengaku masih jomblo. Namun, ia mengidam-idamkan punya pacar secantik artis Jessica Mila, salah satu pemeran dalam sinetron Ganteng-ganteng Serigala. Hal tersebut, ia tuliskan melalui laman blog miliknya dengan candaan-candaan seputar kejombloan.

Laki-laki yang hobi nge-gym ini juga sangat dekat dengan bapaknya. Hal itu terbukti dengan beberapa video yang diunggahnya melalui akun media sosial.

Kaesang dan bapaknya pernah beradu panco meski Kaesang tidak meneruskan karena menurutnya, bapaknya akan encok. Ada juga video lain yang diunggah Kaesang sebelumnya, Presiden Jokowi mengomentari model rambut anaknya yang dinilai aneh.

Kaesang memang terkenal dengan kekocakannya. Ia juga tidak jaim dan ramah membalas mention pengikutnya di medsos. Bahkan, ia tidak ragu meledek postingan bapaknya yang tengah liburan di Raja Ampat, Papua dengan guyonan, “Pak, bukan bermaksud tidak sopan, tapi kalau cari kecebong bukan di situ tempatnya." Sudah jadi rahasia umum kalau Presiden Jokowi suka dengan kodok.

Begitu pun saat jaket bomber Presiden Jokowi menjadi viral di medsos. Beberapa netizen bertanya pada Kaesang jaket tersebut bisa didapat di mana. Kaesang menanggapi hal tersebut dengan santai dan meminta si penanya datang langsung ke Kafe Markobar. Kafe tersebut merupakan salah satu bisnis Kaesang bersama kakak sulungnya yang menjual aneka martabak.

Kehadirannya dengan membuka kafe sebagai bukti ia hidup membumi bukan semata di dunia maya. Selain bisnis martabak, Kaesang juga menjual jas hujan dengan tulisan “TUGAS NEGARA BOS!” Harga jaketnya juga cuma dibandrol 150 ribuan.

Tak hanya itu, ia hadir ke publik. Pada akhir tahun 2016, Kaesang mengasah kemampuan aktingnya di film Cek Toko Sebelah, besutan komika Ernest Prakasa.

Meski hanya sebagai cameo, Kaesang tak gengsi. Bahkan Ernest mengaku puas dengan akting anak presiden ini. Kehadirannya dalam film tersebut adalah kejutan dunia film Indonesia. Itulah Kaesang Pangarep. (AC/DN)

KELUARGA
Orang Tua    : Joko Widodo dan Iriana
Saudara        : Gibran Rakabuming Raka (kakak)
                       Kahiyang Ayu (kakak)

PENDIDIKAN
Anglo-Chinese School International, Singapura (2014)
Singapore Institute of Management University

KARIER
Cameo, film Cek Toko Sebelah (2017)
Pengusaha Martabak Markobar
Pengusaha Jas Hujan