Ternyata, Dubes Inggris untuk Indonesia yang Baru Suka Makan Gorengan

Ilustrasi gorengan.
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Duta Besar Inggris untuk Indonesia yang baru, Owen Jenkins, mengaku sangat terkesan dengan sambutan hangat dari masyarakat sejak ia tiba di Tanah Air untuk mengemban tugas baru.

Undangan Halal Bi Halal Numpuk, Penderita Diabetes Perhatikan Makanan yang Harus Dihindari Ini

Jenkins pekan lalu baru saja menyerahkan surat kepercayaan dari Ratu Elizabeth II kepada Presiden Joko Widodo, untuk menjabat sebagai duta besar.

"Saya sekarang sudah satu bulan di Indonesia. Sebelumnya saya juga tinggal di Yogyakarta selama sebulan. Saya terkesan dengan sambutan yang hangat, orang Indonesia luar biasa," kata Jenkins di Kedutaan Besar Inggris, Jakarta Selatan, Rabu, 14 Agustus 2019.

Deva Mahenra Sebut Mikha Tambayong Antusias Mencari Takjil

Sejak tiba di Indonesia, Jenkins mengaku sudah mempunyai beberapa kesempatan untuk mencoba masakan khas Indonesia. Salah satunya adalah mencicipi gorengan.

"Waktu kembali dari Istana (usai menyerahkan surat kepercayaan), saya rayakan upacara itu dengan gorengan. Enak sekali," kata Jenkins yang disambut dengan gelak tawa para awak media dan tamu undangan yang hadir. 

Tanpa Disadari, Konsumsi Makanan Ini saat Buka Puasa Bisa Tingkatkan Kadar Kolesterol

Dia menambahkan, “Saya masih punya beberapa tahun lagi untuk mencoba gorengan. Tetapi saya juga ingin coba makanan lain seperti rendang, sate, mie goreng favorit saya, juga nasi goreng. Saya juga punya kesempatan luar biasa untuk berjalan-jalan di Indonesia."

Menurut Jenkins, Indonesia merupakan salah satu negara paling penting, besar dan sangat dinamis. Meski sudah banyak bidang kerja sama yang dijalin antara Indonesia dengan Inggris, ia mengaku masih banyak potensi kerja sama yang bisa dikembangkan oleh kedua negara di masa mendatang.

Sebelum penunjukannya sebagai duta besar, Owen pernah ditugaskan sebagai Perwakilan Khusus Perdana Menteri Inggris untuk Afghanistan dan Pakistan.

Dalam posisi tersebut, dia bertanggung jawab untuk terlibat di tingkat tertinggi di kawasan ini, serta secara internasional dalam masalah-masalah seperti proses perdamaian Afghanistan, kerja sama dalam penanggulangan terorisme dan hubungan bilateral.

Dia juga pernah menjabat sebagai Direktur di Kantor Luar Negeri dan Persemakmuran Inggris (FCO) yang bertanggung jawab untuk meliput Asia Selatan dan Afghanistan, mencakup Afghanistan, Bhutan, Bangladesh, India, Maladewa, Nepal, dan Pakistan. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya