Ada Corona di RI, Pelindo II Pastikan Belum Larang Kapal Bersandar

Aktivitas bongkar muat peti kemas di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan

VIVA – PT Pelindo II menyatakan belum ada kebijakan menolak bagi kapal angkut atau penumpang untuk bersandar di wilayah pelabuhan yang mereka kelola. Operasional pelabuhan masih tetap berjalan seperti biasa meski dibayangi masuknya virus Corona ke Tanah Air.

Kapal Perangnya di Serang di Laut Merah, Militer AS Lumpuhkan Rudal Jelajah Kelompok Houthi

"Sementara ini kan kita belum ada permintaan ke sana," kata Dirut Pelindo II, Arif Suhartono di Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat 13 Maret 2020.

Hanya saja, Arif menyampaikan, pihaknya sempat memeriksa salah satu kru kapal ketika bersandar di Pelabuhan Tanjung Priok. Pemeriksaan dilakukan lantaran kapten kapal mengalami suhu tubuh yang tidak normal.

COVID-19 di Jakarta Naik Lagi, Total Ada 365 Kasus

Pemeriksaan pun dimaksud guna mencegah sang kru kapal terindikasi virus corona. "Memang kapten tersebut memang tidak enak badan dan sengaja mau memeriksa diri. Tapi setelah dicek, ternyata tidak. Tidak ada masalah," katanya.

Arif menyatakan, pihaknya akan mengikuti ketetapan jika ada aturan bagi pelabuhan menolak kapal bersandar.

Kasus COVID-19 di DKI Jakarta Naik Sejak November 2023

Sekadar diketahui, Pelindo II sendiri menjadi operator di beberapa pelabuhan, diantaranya, Sumatera Barat, Lampung, Bengkulu, Jambi, Bangka Belitung, Sumatera Selatan, Jakarta, Banten, Jawa Barat dan Kalimantan Barat.

"Jika ditolak dari pelabuhan lain tak mungkin kita terima. Kita akan berusaha sama dengan pelabuhan lain," tuturnya.

Jembatan Terbelah Dua Gegara Ditabrak Kapal

Ngeri, 5 Korban Tewas Setelah Jembatan Terbelah Dua Gegara Ditabrak Kapal

Sedikitnya lima orang tewas dan seorang awak kapal terluka pada hari Kamis, 24 Februari 2024 ketika sebuah kapal kargo menabrak sebuah jembatan di wilayah Cina selatan.

img_title
VIVA.co.id
23 Februari 2024