Logo BBC

Dinosaurus Terkecil Ditemukan, Terjebak dalam Getah Pohon

Dinosarurus terkecil. BBC Indonesia
  • bbc

Para ilmuwan telah menemukan apa yang mereka sebut sebagai dinosaurus terkecil. Spesies baru ini dinyatakan oleh salah satu anggota tim peneliti sebagai "fosil paling aneh" yang pernah dia teliti.

Spesimen ini, yang ditemukan di wilayah utara Myanmar, terdiri dari tengkorak seperti burung yang terperangkap dalam damar atau getah tumbuhan berumur 99 juta tahun.

Ditulis dalam jurnal Nature yang bergengsi, para peneliti melaporkan bahwa dinosaurus ini memiliki ukuran yang sama dengan burung Bee Hummingbird alias burung kolibri lebah - burung terkecil di dunia.

Temuan yang menakjubkan ini dapat menjelaskan bagaimana burung kecil berevolusi dari dinosaurus - yang seringkali ukurannya lebih besar.

Sementara dinosaurus terkecil, seperti Microraptor yang mirip burung, beratnya bisa mencapai ratusan gram, namun kolibri lebah hanya berbobot dua gram.

"Hewan yang menjadi sangat kecil harus menghadapi masalah khusus, seperti bagaimana memuat semua organ sensorik dalam kepala yang sangat kecil, atau bagaimana mempertahankan panas tubuh," kata Prof Jingmai O`Connor dari Akademi Ilmu Pengetahuan China di Beijing.

Spesies baru, yang dijuluki Oculudentavis khaungraae, tampaknya telah menghadapi tantangan ini dengan cara yang tidak biasa.