Logo BBC

Virus Corona: Iming-iming Pinjaman Uang Mafia di Tengah Wabah

Pada masa krisis virus corona, mafia mencari cara untuk mendapat kredibilitas.-Jilla Dastmalchi
Pada masa krisis virus corona, mafia mencari cara untuk mendapat kredibilitas.-Jilla Dastmalchi
Sumber :
  • bbc

Beberapa nama telah diubah untuk melindungi identitas narasumber.

Ketika virus corona membunuh ribuan orang, mafia di Italia mencari cara untuk mendulang untung. Pihak berwenang mengatakan banyak warga Italia terjepit masalah keuangan sehingga tidak punya pilihan selain menerima uluran tangan geng mafia tersebut.

Adik seorang bos mafia Cosa Nostra diketahui gencar mendistribusikan makanan bagi masyarakat miskin di sebuah kawasan di Palermo, yang terletak di Pulau Sisilia.

"Saya melakukannya karena orang-orang menelpon saya dan menangis di telepon. Mereka mengatakan anak-anak mereka tak bisa makan," tuturnya kepada saya dihubungi via media sosial.

"Seorang perempuan muda menghubungi saya tiap hari. Dia punya lima anak dan tak tahu bagaimana memberi makan mereka."

Dia menuturkan, jika menjadi mafioso (anggota mafia) berarti membantu orang lain, dia mengatakan "bangga menjadi mafioso".

Seorang penyelamat yang `menawan`

"Begitulah biasanya saya bekerja," ujar Gaspare Mutolo, seorang mafioso Sisilia yang sering menjadi saksi kunci kasus-kasus mafia.

"Saya selalu menawan," dia mengungkapkan.

"Saya tampil sebagai orang yang murah hati. Mafia ingin mengambil hati orang-orang jadi saya tak pernah mengungkapkan diri saya sebenarnya. Tapi hati-hati, saya adalah pelaku kriminal yang telah membunuh lebih dari dua puluh orang."

Mutolo berbicara kepada BBC dari lokasi rahasia, tempat dirinya berada di bawah perlindungan polisi dan menghabiskan hari-harinya dengan melukis.

Karya-karyanya sering menggambarkan tentakel mafia yang menjangkau komunitas.