Logo BBC

Obama Kecam Trump Amburadul Tangani Wabah Virus Corona di AS

Mantan Presiden Amerika Serikat (AS), Barack Obama mengecam keras penggantinya, Donald Trump, dalam menangani krisis virus corona di AS. Dalam percakapan video untuk kalangan terbatas, Obama menyebut penanganan pandemi oleh pemerintah AS sebagai "bencana yang sangat amburadul".

Obama mengatakan hal itu ketika mendorong eks-stafnya agar membantu tim sukses calon presiden dari Partai Demokrat, Joe Biden, dalam pilpres mendatang, seperti dilaporkan CNN.

Gedung Putih menanggapi pernyataan Obama dengan mengatakan bahwa respons Presiden Trump terhadap pandemi merupakan aksi "yang belum pernah terjadi sebelumnya" sehingga dapat "menyelamatkan nyawa rakyat AS".

Selama percakapan video, Obama mengatakan pendekatan Trump terhadap pemerintah dalam menanggapi virus corona patut disalahkan.

"Hal itu akan menjadi buruk bahkan dengan langkah terbaik pemerintah," katanya seperti dikutip dalam percakapan video itu.

"Itu benar-benar bencana yang sangat kacau ketika pola pikir `apa untungnya buat saya` dan `persetan dengan orang lain`, diterapkan dalam pemerintahan kita."

Obama juga mengkritik keputusan pembatalan tuntutan pidana terhadap mantan Penasihat Keamanan Nasional, Michael Flynn.