Langkah Mudah Menyusun Koleksi Busana

Workshop Pendidikan dan Pelatihan Tata Busana Menuju SMK Go Asia di Kudus
Sumber :
  • Viva.co.id/Linda Hasibuan

VIVA.co.id – Salah satu sumber inspirasi dalam mode adalah mengikuti dan mengembangkan pola berpakaian dari kelompok masyarakat tertentu. Sebab cara berpakaian dari suatu daerah atau dari kelompok profesi tertentu berbeda.

Koleksi Urban Streetwear Bernuansa Islami, Bisa Jadi Inspirasi Baju Ramadhan dan Lebaran

Dan bagi Anda yang memiliki minat dalam mendesain busana ada hal yang perlu diperhatikan. Menurut desainer Dina Mediani, ada beberapa langkah-langkah dalam penyusunan koleksi, seperti pembuatan tema.

Tema yang diciptakan tentunya harus dimulai dari diagnosis tren, di mana hal tersebut dapat menjadi acuan untuk tren yang ditawarkan. Setelah hal itu ditentukan, Anda bisa menentukan gaya, apakah akan menjadi koleksi romantis atau kasual.

Kembali Isi Program Televisi, Ivan Gunawan akan Batasi Penampilan?

"Langkah dalam menyusun sebuah koleksi tentunya harus mengetahui sebuah tema yang diambil dari pragnosa tren yang ditawarkan. Kemudian tentukan gaya yang akan diusung, apakah lebih ke gaya romantis, simple casual atau etnic casual," ujar Dina kepada VIVA.co.id saat ditemui di Kudus, Jawa Tengah, Kamis, 17 November 2016.

Dia menambahkan, setelah menentukan tema dan gaya, tahapan penting lainnya adalah mencari inspirasi. Dia menyarankan untuk menjabarkan pengaruh suasana dan memvisualisasikan tema dalam bentuk pengetahuan.

Jelang Ramadan, Koleksi Hari Raya dari Produk Lokal Mulai Bermunculan

"Setelah menentukan inspirasi, Anda dapat menuangkannya dalam unsur mode, meliputi warna, tekstil, tekstur dan siluet. Setelah itu, susun koleksi per seri secara koordinat," kata Dina.

Shahnaz Haque

Viral Video Shahnaz Haque Belanjakan Sejumlah Anak Yatim, Netizen Berikan Kesaksian Ini

Shahnaz Haque juga nampaknya sempat bertanya apakah anak tersebut menyukainya sebelum akhirnya memasukkan baju tersebut ke kantung belanja sebelum dibayar.

img_title
VIVA.co.id
6 April 2024