Kiprah Desainer Buyung Rais Usai Alami Kebutaan

Buyung Rais
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Linda Hasibuan

VIVA.co.id – Menjadi seorang desainer merupakan sebuah mimpi bagi yang memiliki bakat di bidangnya. Dalam mewujudkannya, diperlukan panca indra yang sempurna, khususnya mata.

Ditegur KPI, Ivan Gunawan Ngaku Gak Punya Temen: Kemaren di Demo Semua Pada Diem

Namun ini berbeda dengan yang dialami desainer senior Raizal Rais atau akrab disapa Buyung Rais, yang mengalami kebutaan sejak 11 tahun lalu. Desainer yang sudah menekuni bidang fesyen selama 30 tahun tersebut mengalami kebutaan akibat penyakit gula, sehingga memengaruhi penglihatannya.

"Saya mengalami masalah pada mata itu sudah sekitar 10 atau 11 tahun. Awalnya tidak langsung seperti ini (buta) tapi penglihatan agak kabur dan masih bisa jalan sendiri, tidak seperti sekarang," ujar Buyung kepada VIVA.co.id di kawasan Jakarta Selatan, Rabu, 4 Januari 2017.

7 Sumber Kekayaan Ivan Gunawan yang Mundur dari Acara TV dan Pamit ke Luar Negeri

Semenjak penglihatannya terganggu, dia pun melakukan perpisahan dengan menghadirkan karya terbaiknya bersama anggota Asosiasi Perancang dan Pengusaha Mode Indonesia (APPMI) beberapa tahun lalu. Kendati demikian, Buyung pun sesekali masih menciptakan koleksi dengan jumlah terbatas.

Proses kreatif yang dilakukan, seperti memberi ide dan gambaran terkait rancangan kepada penjahit kepercayaannya. Untuk yang ingin order, kini Buyung sudah tidak menerima dan akan merekomendasikan beberapa desainer yang dinilai cukup berkompeten kepada pelanggannya.

Bakal Hadir Pengalaman Belanja Fesyen Eksklusif Hasil Karya Perancang Busana Indonesia

Fokus Buyung saat ini adalah mengembangkan fesyen Tanah Air melalui kain etnik yang ada di Indonesia. Selain itu, memberikan kesempatan dan berbagai ilmu kepada para desainer baru untuk meningkatkan kreativitasnya.

"Saya akan memberikan ilmu dan sesuatu kepada Indonesia. Kita harus melihat adik-adik kita yang ingin menjadi desainer tapi terkendala dana, namun berprestasi," ucapnya.

Ivan Gunawan

Ivan Gunawan Ungkap Kris Dayanti Jadi Role Modelnya Selama Ini

Ivan Gunawan baru-baru ini mengungkapkan bahwa salah satu role modelnya dalam berpenampilan adalah Diva Indonesia, Kris Dayanti atau yang akrab disapa Mimi KD.

img_title
VIVA.co.id
8 Maret 2024