Logo BBC

Pebisnis Dapat Keistimewaan, Boleh Terbang Selama Larangan Mudik

BBC Indonesia
BBC Indonesia
Sumber :
  • bbc

Industri transportasi udara Indonesia `babak belur` akibat pandemi virus corona. Perusahaan maskapai penerbangan terancam bangkrut.

Sekretaris Jenderal Indonesia National Air Carrier Association (INACA) Bayu Sutanto menyebut pendapatan perusahaan kini jauh berkurang dan bahkan ada yang nol akibat berhenti terbang.

"Berdampak bagi ekonomi perusahaan, [jika terjadi lama] pilihannya cuma berhenti, ikut industri atau bangkrut," kata Budi saat dihubungi BBC News Indonesia, Selasa (28/04).

Pegawai maskapai pun terkena imbasnya dengan mengalami pemotongan gaji dan pemutusan kontrak kerja, kata Ketua Umum Ikatan Awak Kabin Garuda Indonesia Zaenal Muttaqin.

Larangan mudik yang baru diberlakukan juga berdampak pada industri penerbangan. Dalam peraturan Menteri Perhubungan itu disebutkan pesawat dilarang mengangkut penumpang dari dan ke daerah yang berlakukan pembatasan sosial berskala besar (PSBB).

Namun tiga hari usai peraturan itu diberlakukan, pemerintah melalui Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyatakan memberi kelonggaran.

Pemerintah mengizinkan pebisnis menggunakan pesawat, namun dengan tujuan bisnis dan bukan mudik.

Pebisnis boleh naik pesawat

Usai rapat terbatas Bersama Presiden Jokowi, Senin (27/04), Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan bahwa pemerintah mengizinkan pebisnis untuk naik pesawat, namun dengan tujuan bisnis dan bukan mudik.