Pemerintah Siapkan Anggaran Rp 347 Miliar untuk Bagai-bagi Rice Cooker Gratis

Ilustrasi alat menanak nasi elektronik atau rice cooker.
Sumber :
  • Youtube

Jakarta - Kementerian Keuangan (Kemenkeu) menyediakan anggaran, Alat Masak Berbasis Listrik (AML) atau rice cooker listrik sebesar Rp 347,5 miliar. Anggaran itu digunakan untuk membagikan rice cooker gratis kepada masyarakat. 

Songsong Era PLTN, BRIN Garap Riset Konversi Pembangkit Listrik Batu Bara Menjadi Nuklir

Juru Bicara Kemenkeu, Yustinus Prastowo mengatakan, dari besaran anggaran tersebut, akan diberikan kepada 500 ribu rumah tangga penerima. 

"Anggaran yang disiapkan untuk program peningkatan konsumsi listrik masyarakat melalui AML sebesar Rp 347,5 miliar untuk 500.000 rumah tangga," kata Yustinus saat dihubungi VIVA Sabtu, 7 Oktober 2023. 

Kementerian Keuangan Tanggapi Masukan Masyarakat Terkait Permasalahan Impor Barang Kiriman

Stafsus Menkeu Yustinus Prastowo.

Photo :
  • Anisa Aulia/VIVA.

Yustinus mengatakan, untuk anggaran rice cooker gratis itu bersumber dari Daftar Isian Pelaksana Anggaran (DIPA) Kementerian Energi Sumber Daya dan Mineral (ESDM). 

Demi Cari Solusi Percepatan Transisi Energi, MKI Mulai Jalin Kolaborasi

"(Anggaran Rp 347,5 miliar) bersumber dari DIPA Kementerian ESDM TA 2023," ujarnya.

Sebelumnya, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menerbitkan Peraturan Menteri (Permen) ESDM Nomor 11 Tahun 2023, tentang Penyediaan Alat Memasak Berbasis Listrik bagi Rumah Tangga.

Sekretaris Jenderal Kementerian ESDM, Dadan Kusdiana menjelaskan, aturan ini bertujuan mendorong pemanfaatan energi bersih di seluruh sektor, termasuk di sektor industri, transportasi, serta sektor rumah tangga.

"Kita ingin mendorong supaya terjadi pemanfaatan energi bersih di seluruh sektor. Di rumah tangga juga kita dorong, salah satunya dengan menggeser pemanfaatan kepada energi listrik," kata Dadan di kantornya, Jumat, 6 Oktober 2023.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya