Jokowi Resmikan Ekspansi Smelter PT Smelting, Kapasitas Naik Jadi 1,3 Juta Ton per Tahun

Presiden Jokowi resmikan ekspansi smelter PT Smelting di Gresik
Sumber :
  • Tangkapan layar.

Gresik – Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan ekspansi proyek smelter PT Smelting, anak usaha PT Freeport Indonesia (PTFI) di Gresik, Jawa Timur. Dengan peresmian ini, maka kapasitas produksi smelter PT Smelting naik dari 1 juta ton per tahun menjadi 1,3 juta ton per tahun.

Jokowi Ajak Relawan dan Menteri Nobar Semifinal Timnas U-23 di Istana

Jokowi mengatakan, dengan ekspansi bisnis yang dilakukan oleh PT Smelting ini maka kapasitas produksi anoda dan katoda tembaga akan meningkat.

"Kapasitas untuk produksi anoda maupun katoda tembaga naik dari 1 juta ton per tahun menjadi 1,3 juta ton per tahun," ujar Jokowi dalam Youtube Sekretariat Presiden Kamis, 14 Desember 2023.

Prabowo Aktif Temani Jokowi, Pakar Politik: Menandakan Transisi Pemindahan Berjalan Mulus

Proyek pembangunan smelter PT Freeport Gresik

Photo :
  • VIVA/Anwar Sadat

Kepala Negara menegaskan, adanya ekspansi bisnis ini menunjukkan komitmen dari PT Freeport yang bekerja sama dengan Mitsubishi guna membangun hilirisasi dan menciptakan nilai tambah.

Prabowo Temani Jokowi Bertemu PM Singapura, Pengamat: Simbol Pelibatan Pemimpin Masa Depan

Jokowi Tegaskan Hilirisasi Bukan Hanya untuk Komoditas Tembaga

Lanjut Jokowi, hilirisasi yang dilakukan saat ini tidak boleh hanya pada komoditas tembaga, nikel, bauksit, hingga timah. Dia meminta, agar semua komoditas unggulan bisa dilakukan hilirisasi.

"Di luar mineral, semuanya harus dihilirisasikan. Agar nilai tambah itu ada di negara kita, kesempatan kerja itu ada di negara kita. Baik itu di perkebunan pertanian perikanan semuanya," jelasnya.

Jokowi mengingatkan, RI tidak boleh lagi melakukan ekspor komoditas mentah. Dia menegaskan, komoditas yang diekspor minimal harus setengah jadi.

Mengakhiri pidatonya, Jokowi secara resmi melakukan peresmian ekspansi smelter PT Smelting di Gresik, Jawa Timur.

"Saya rasa itu yang saya sampaikan dalam kesempatan yang baik ini, dan dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim, pada sore hari ini saya resmikan ekspansi PT smelting di Kabupaten Gresik Provinsi Jawa Timur," ujar Jokowi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya