Viral Traveler Lansia Asal China, Inspirasi Jutaan Orang

Ms Qi, lansia traveler yang menginspirasi anak muda China
Sumber :
  • BBC/PEAR VIDEO

VIVA – Seorang perempuan lansia yang sudah berusia 73 tahun, kini menjadi idola dan digandrungi para anak muda di China. Bahkan, perempuan yang dikenal sebagai Ms Qi itu melalui Pear Video sudah memiliki jutaan penggemar yang termasuk dalam follower-nya di media sosial.

Gak Perlu Ribet Lagi! Traveling ke Bali Kini Makin Dipermudah

Perempuan tersebut dikagumi, karena dalam usia 73 tahun dia berani melakukan perjalanan ke banyak tempat, alias traveling solo. Hal itu mulai dilakukannya, sejak dia memasuki masa pensiun.

Dikutip dari BBC, Kamis 15 Maret 2018, kisah Ms Qi ini juga sempat menjadi perdebatan, karena biasanya orang-orang tua di China, akan tinggal di rumah anak-anak mereka pada masa pensiun.

Gak Inget Umur, Seorang Nenek 79 Tahun Keliling Dunia dan Kunjungi 193 Negara

Namun, Ms Qi mendobrak kebiasaan itu. "Kenapa orangtua yang sudah lansia harus tinggal di rumah anak atau cucu mereka dan hanya melakukan pekerjaan rumah," kata Qi.

"Kita masing-masing punya kehidupan," lanjut dia.

Viral Kisah Mengharukan Mak Iyah, Lansia 70 Tahun yang Sukarela Bersih-bersih Masjid Tanpa Dibayar

Dalam rekam perjalanannya, dengan usia lansia, Qi berani bepergian ke negara-negara Eropa, sebagian Asia dan hingga Amerika Utara. Terakhir, dia melakukan perjalanan ke Provinsi Fujian, China, dan menginap di salah satu hotel mirip asrama yang fasilitasnnya sangat standar dan tergolong murah.

Dia mengatakan, traveling dan bertemu dengan orang-orang yang masih muda membuatnya bersemangat.

"Saya suka berbicara dengan mereka dan banyak hal baru yang mereka beritahukan," kata dia lagi.

Ms Qi dalam perjalanannya juga kadang melakukan video call dengan ibunya yang sudah berusia 92 tahun untuk memberitahukan keberadaannya. Selain itu, dia kerap mengirimkan foto-foto dirinya, saat jalan-jalan kepada anak dan cucu-cucunya.

Kini, Ms Qi sangat dikenal di kalangan generasi muda dan menjadi inspirasi mereka untuk berani traveling sendiri ke berbagai belahan dunia. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya