Logo BBC

Negara Lain Langka, Indonesia Malah Surplus Pilot

Semakin banyak `utang` langkah dari target berjalan kaki, pegawai akan didenda lebih besar - Getty Images
Semakin banyak `utang` langkah dari target berjalan kaki, pegawai akan didenda lebih besar - Getty Images
Sumber :
  • bbc

Saat kebakaran hutan melanda negara bagian California, Amerika Serikat, Agustus lalu, badan yang paling bertanggung jawab untuk mengatasi api menghadapi kendala tambahan. Paling tidak 20?ri armada pesawat yang digunakan sebagai pemadam kebakaran tidak terbang.

Sebenarnya tidak ada masalah teknis, hanya saja kekurangan pilot yang menerbangkannya.

Dan ini bukanlah masalah yang dihadapi pasar tertentu saja.

Pada Mei, muncul berita bahwa Emirates, salah satu maskapai komersial terbesar dunia, berencana tidak menerbangkan pesawat untuk sementara waktu karena berbagai alasan, salah satunya adalah "masalah dalam penjadwalan pilot".

Sepanjang bulan-bulan yang lalu, maskapai murah Ryanair, salah satu yang terbesar di Eropa, menghadapi pemogokan pilot yang memicu pembatalan ribuan penerbangan.


Pemogokan menyebabkan ribuan penerbangan Ryanair di Eropa tidak beroperasi dalam beberapa bulan terakhir. - Getty Images

Perusahaan memandang pemogokan disebabkan "kesalahan penjadwalan", tetapi media Eropa mengutip sumber pegawai yang mengatakan terjadi eksodus pilot ke maskapai-maskapai lain.

Bagaimana di Indonesia?

Berbeda dengan di sejumlah bagian dunia, Indonesia justru mengalami kelebihan pilot, terutama terkait dengan ratusan pilot muda yang masih belum mendapatkan pekerjaan.

Mereka tak bisa langsung bekerja di maskapai di luar Indonesia karena menghadapi beberapa kendala, seperti soal persyaratan jam terbang, kata Rama Noya, ketua umum Ikatan Pilot Indonesia, kepada Nuraki Aziz yang melaporkan untuk BBC News Indonesia.

"Setelah tahun 2005, karena perkembangan industri penerbangan cukup tinggi, jumlah pilot memang agak berkurang. Tetapi saat ini jumlah pilot sudah mencukupi. Data pilot pastinya masih belum ada semua, tetapi data yang kami kumpulkan, total jumlah pilot baru yang tercetak hingga tahun 2017 kemarin, kurang lebih sekitar 600-an," kata Rama.