Logo BBC

Akun Media Sosial Hotel-hotel Mewah Milik Brunei Dihapus

Sejumlah pihak mendesak boikot tergadap hotel-hotel mewah milik kerajaan Brunei, termasul Hotel Le Meurice yang ada di Paris. - AFP
Sejumlah pihak mendesak boikot tergadap hotel-hotel mewah milik kerajaan Brunei, termasul Hotel Le Meurice yang ada di Paris. - AFP
Sumber :
  • bbc

Akun-akun media sosial sembilan hotel mewah milik Brunei dihapus atau atau untuk sementara dinonaktifkan, menyusul pemberlakuan peraturan anti-LGBT yang diterapkan di kerajaan tersebut.

Brunei menerapkan hukum Islam itu pekan ini dan mereka yang dinyatakan melakukan hubungan seks sesama jenis bisa dicambuk atau dirajam hingga tewas.

Selebritas termasuk aktor George Clooney dan penyanyi Elton John menyerukan publik untuk tidak menggunakan hotel-hotel mewah yang dimiliki kerajaan Brunei.

Serangan di media sosial terhadap akun-akun hotel mewah itu sepertinya makin keras dalam beberapa waktu terakhir, setelah pembawa acara terkenal asal Amerika Serikat, Ellen DeGeneres, mengunggah nama sembilan hotel milik Brunei di Twitter dan menyerukan boikot.

Akun media sosial sembilan hotel tersebut sekarang tak bisa diakses, meski tak semuanya dihapus.

Delapan akun telah dihapus atau dinonaktifkan, sementara akun milik Hotel Principle de Savoia di Italia berstatus "protected", yang berarti masih ada di internet, namun semua twitnya tak bisa dilihat.

Enam akun Instagram hotel-hotel ini dihapus atau dinonaktifkan, sedangkan akun yang dijalankan Le Meurice, Hotel Plaza Athenee di Prancis dan hotel Eden di Roma diubah menjadi "private".