Logo ABC

50 Tahun Profesor Margaret Kartomi Berdedikasi untuk Musik Indonesia

Professor Margaret Kartomi baru saja merayakan 50 tahun karirnya sebagai dosen dan peneliti bersama Monash University di bulan Juli 2019.
Professor Margaret Kartomi baru saja merayakan 50 tahun karirnya sebagai dosen dan peneliti bersama Monash University di bulan Juli 2019.
Sumber :
  • abc

Namanya adalah Margaret Kartomi. Ia sudah meneliti, mengumpulkan, juga menyebarkan temuan dan ilmunya soal alat-alat musik tradisional Indonesia selama 50 tahun di Monash University, Australia.

Perempuan kelahiran tahun 1940 di Adelaide, Australia Selatan ini adalah seorang ethnomusicologist, yang mempelajari peranan musik bagi masyarakat di lokasi tertentu. Ia juga mencari tahu proses pembuatan dan asal muasal alat-alat yang digunakan untuk membuat musik.

Kecintaannya dengan budaya Indonesia berawal ketika ia pertama kali berkeliling Pulau Jawa bersama orang tuanya saat ia berusia 19 tahun.

"Saya jatuh cinta dengan pulau-pulau yang hijau yang cantik ... [juga] orang Indonesia yang hangat," ujarnya kepada ABC Indonesia dengan bahasa Indonesia yang lancar.

Gelar Ratu
Margaret Kartomi pernah mendapat gelar "Ratu Berlian Sangun Anggun" dari Pemerintah Provinsi Lampung di tahun 2011.

Foto: ABC News, Natasya Salim

Tapi jauh sebelum itu, Margaret memang sudah tertarik dengan Indonesia. Saat masih kecil kedua orangtuanya pernah mengundang mahasiswa Indonesia penerima beasiswa dari program Colombo Plan untuk makan siang ke rumahnya.

Kemudian sewaktu menjadi mahasiswi di University of Adelaide, ia mengaku jatuh hati dengan alunan suara gamelan Jawa, bahkan ia menulis tesis soal alat musik tersebut untuk syarat kelulusan S1-nya.

Margaret menceritakan kiprahnya ikut merawat alat musik tradisional Indonesia yang bisa Anda tonton disini.