Logo BBC

Ini Dia Sosok Pembangkang Pengungkap Kebobrokan Presiden

Mohamed Ali has posted videos accusing President Sisi of corruption - Photo supplied.
Mohamed Ali has posted videos accusing President Sisi of corruption - Photo supplied.
Sumber :
  • bbc

Aktivis hak asasi manusia (HAM) Mesir mengatakan lebih dari 1.000 orang ditangkap setelah aksi unjuk rasa protes anti-pemerintah baru-baru ini.

Unjuk rasa dipicu sebagian oleh tuduhan di media sosial bahwa Presiden Abdel Fattah el-Sisi telah menghambur-hamburkan uang negara di istana dan villa.

Tak ayal, Presiden el-Sisi menyebut tuduhan itu bohong, dan menyalahkan apa yang disebutnya Islam politik karena mengobarkan masalah.

Protes mengejutkan

Ketika ratusan orang Mesir turun ke jalan melakukan demonstrasi pada minggu lalu, menyerukan agar presiden disingkirkan, hal itu mengejutkan banyak pengamat.

Tapi satu orang, Mohamed Ali, sedang menunggu protes. Bahkan, ia disebut sebagai orang yang mendorong aksi unjuk rasa rakyat Mesir.

Dalam hitungan minggu, pengusaha berusia 45 tahun ini banyak diperbincangkan orang di Mesir, dan disebut sebagai salah satu pengkritik paling vokal presiden setelah tindakan keras dalam beberapa tahun terakhir yang sebagian besar telah membungkam perbedaan pendapat.

Sejak awal September, Mohamed Ali mengunggah video hampir setiap hari dari pengasingannya sendiri di Spanyol, menuduh Presiden Abdel Fattah el-Sisi dan militer atas korupsi.