Logo BBC

Restoran Indonesia di London Berjuang Bangkit dari Resesi Virus Corona

Zulhan dan Hesti Ibrahim, pemilik restoran Bali Bali di London.-BBC
Zulhan dan Hesti Ibrahim, pemilik restoran Bali Bali di London.-BBC
Sumber :
  • bbc

Pemilik salah satu restoran Indonesia di London mengatakan mereka berusaha untuk bangkit kembali di tengah pandemi virus corona yang menyebabkan Inggris resesi dan banyak usaha gulung tikar.

Zulfan dan Hesty Ibrahim - pemilik restoran Bali Bali - mengatakan ketidakpastian masih sangat membayangi walaupun mereka mengikuti anjuran pemerintah Inggris yang mulai mengizinkan restoran, bar, dan kafe dibuka kembali mulai awal Juli.

Pemerintah Inggris mengeluarkan izin setelah menerapkan karantina wilayah pada 23 Maret lalu dan menutup semua usaha jasa. Namun, walau izin membuka restoran sudah dirilis, masih banyak penerbangan, terutama dari luar Eropa, yang belum masuk Inggris.

Zulfan mengatakan dengan masih terbatasnya turis yang masuk Inggis, mereka masih khawatir akan jumlah pengunjung restoran.

"Kami sangat tergantung pada turis...belum banyak penerbangan yang datang," kata Zulfan yang mulai membuka restoran mereka pada pertengahan Juli lalu.

"Kami sedih, ini bisnis keluarga yang dibina sejak lebih 30 tahun, apa bisa bangkit lagi? Apa bisa normal lagi seperti dulu? Kita nggak tahu," sambung Hesty tentang usaha keluarga yang dibuka pada 1986.

London termasuk salah satu kota yang paling banyak dikunjungi turis dunia dengan jumlah kunjungan tahun 2019 sekitar 21,7 juta orang. dari total 40,9 juta kunjungan turis ke Inggris.