Logo DW

Wali Kota Berlin Serahkan Bantuan Alat Kesehatan untuk Jakarta

KBRI Berlin
KBRI Berlin
Sumber :
  • dw

Wali Kota Berlin, Michael MÃller menyerahkan bantuan awal alat kesehatan untuk Pemerintah DKI Jakarta. Penyerahan bantuan yang diselenggarakan di Kantor Wali Kota Berlin tersebut secara resmi diterima oleh Dubes RI untuk Jerman, Arif Havas Oegroseno pada Kamis, 8 Oktober 2020.

Bantuan awal alat kesehatan tersebut berupa 24.000 masker tipe IIR tersertifikasi EN 14683 /ASTM F2100 level 1-2, 4.500 masker FFP 2 tersertifikasi EN 149 /sebanding N95 dan 8.000 sterile swabs in tube for PCR Test of COVID-19. Setelah serah terima kepada Dubes Oegroseno, bantuan alat kesehatan tersebut akan langsung dikirimkan oleh Pemerintah Berlin ke Jakarta.

"Wujud solidaritas antara dua kota kembar"

Wali Kota MÃller menyebutkan bahwa pemberian bantuan awal ini merupakan wujud solidaritas antara dua kota kembar (sister city) yang telah menjalin kerja sama sejak April 1994. Jakarta merupakan kota pertama di Asia Tenggara yang memiliki kerja sama kota kembar dengan Berlin.

“Saat ini, seluruh belahan dunia sedang mengalami masa-masa sulit. Solidaritas kita, baik berupa bantuan kemanusiaan atau pun pertukaran pengalaman dan pengetahuan sangat nyata dibutuhkan,“ ungkap Wali Kota MÃller.

Menurutnya, sebagai kota dengan populasi yang sangat padat, wujud solidaritas untuk Jakarta ini sangat relevan. Bantuan alat kesehatan itu diperuntukkan bagi dua rumah sakit daerah di Jakarta. Diharapkan hal ini dapat membantu menekan angka kasus dan meningkatkan volume tes COVID-19 di Jakarta.

"Bukan hanya formalitas belaka"