Logo DW

Kisah Pemuda Keturunan Bali Tembus Final The Voice of Germany 2020

privat
privat
Sumber :
  • dw

Salah satu finalis ajang pemilihan bakat bernyanyi The Voice of Germany tahun ini bernama Tosari Udayana. Pemuda keturunan Bali berusia 19 tahun ini memiliki nama lengkap Anak Agung Made Candra Tosari Konstantin Udayana, tapi biasa disapa Tosi. Hal ini sangat membanggakan Indonesia, setelah kemenangan gemilang Claudia Emmanuela Santoso di ajang The Voice of Germany 2019.

Pada babak Blind Audition, ia membawakan lagu "You Say" dari Lauren Digle. Saat Tosari bernyanyi, hanya satu juri yang menekan tombol dan kursi juri pun berputar yang menandakan juri menyukai suaranya dan siap menjadi timnya. Di ajang The Voice of Germany, Tosi bergabung dengan tim Mark Forster, juri sekaligus penyanyi dan penulis lagu Jerman papan atas. Mark Forster sebagai mentor menuliskan lagu yang dibawakan Tosari dengan judul "Right Here".

Di babak Battle, dengan lagu "Savage Love" dari Jawash 685, ia berhasil mengungguli lawannya, Michael Caliman. Sementara di babak Sing Off, Tosari membawakan "Intention" dari Justin Bieber feat. Quavo yang membuatnya tembus ke babak semifinal.

Minggu, 13 Desember lalu, Tosari mendapat tiket masuk babak final The Voice of Germany. Ia memenangkan suara 55,6 persen lewat pengumpulan suara SMS. Saat itu ia berlaga dengan salah satu kontestan yang juga keturunan Asia, Sion Jung. Tosari unggul setelah membawakan lagu N-Sync "It's gonna be me". Babak semifinal tersebut disiarkan secara langsung oleh kanal televisi Jerman, SAT 1.

Di babak final The Voice Germany 2020, Tosari akan berlaga dengan empat finalis lain, yaitu Mael dan Jonas (Tim Nico Santos), Oliver Henrich (Tim Stefanie dan Yvonne), Paula Dalla Corte (Tim SamuRea) dan Alessandro (dari grup Come Back Stage, bersama pelatih Michael Schulte).

Babak final akan disiarkan langsung oleh SAT 1 pada Minggu (20/12). Pemenang akan ditentukan lewat perolehan SMS dari 3 negara di mana program ini disiarkan yaitu Jerman, Swiss, Austria.

Bakat seni dari kakek buyut