Logo DW

Pascarusuh Capitol, Grup Besar Hentikan Donasi ke Partai Republik

picture-alliance/dpa
picture-alliance/dpa
Sumber :
  • dw

Bank Citigroup, JP Morgan, perusahaan hotel Marriott International, dan sebuah perusahaan asuransi kesehatan ternama mengonfirmasi pada hari Minggu (10/01) bahwa mereka memikirkan kembali sumbangan politik mereka setelah kerusuhan Capitol pada hari Rabu (06/01) pekan lalu.

Blue Cross Blue Shield Association (BCBSA), yang mewakili perusahaan asuransi kesehatan regional dan lokal yang mencakup sekitar satu dari tiga orang Amerika, menyampaikan akan menangguhkan kontribusi kepada anggota parlemen dari Partai Republik yang memilih untuk tidak mengesahkan kemenangan pemilihan Joe Biden di Kongres AS minggu lalu.

"Mengingat kekerasan minggu ini, serangan mengejutkan di Capitol Amerika Serikat, dan suara dari beberapa anggota Kongres untuk menggagalkan hasil pemilihan November dengan menentang hasil Electoral College, BCSBA akan menangguhkan kontribusi kepada anggota parlemen yang memilih untuk merusak demokrasi kita," kata perusahaan itu.

Marriott International, perusahaan hotel terbesar di dunia, mengambil langkah serupa, dengan juru bicara perusahaan Connie Kim mengonfirmasi keputusan untuk menghentikan sumbangan kepada 147 anggota parlemen dari Partai Republik yang berpihak pada Donald Trump dalam menolak kemenangan Biden pada hari Rabu (06/01).

"Kami telah melihat peristiwa destruktif di Capitol untuk mengacaukan pemilihan yang sah dan adil menjadi bahan pertimbangan dan akan menghentikan pemberian (sumbangan) politik dari Komite Aksi Politik kami kepada mereka yang memberikan suara menentang sertifikasi pemilihan," kata Kim.

Tangguhkan untuk kedua belah pihak

Dua bank terbesar di negara itu, JP Morgan Chase dan Citigroup mengatakan bahwa mereka akan menangguhkan semua kontribusi federal untuk Partai Republik dan Demokrat.