Logo BBC

Ribuan Tentara Afghanistan Kabur Pascabentrok dengan Taliban

Tentara. Reuters via BBC Indonesia
Tentara. Reuters via BBC Indonesia
Sumber :
  • bbc

Lebih dari 1000 tentara Afghanistan dilaporkan melarikan diri ke negara tetangga Tajikistan setelah bentrok dengan milisi Taliban.

Para serdadu itu mundur hingga melintasi perbatasan untuk "menyelamatkan nyawa mereka," menurut pernyataan penjaga perbatasan Tajikistan.

Kekerasan telah meningkat di Afghanistan seiring wilayah yang dikuasai Taliban bertambah secara signifikan, terutama di bagian utara negara itu, dalam beberapa pekan terakhir.

Lonjakan ini terjadi seiring pasukan AS, Inggris, dan sekutunya ditarik dari Afghanistan setelah 20 tahun.

Sebagian besar pasukan asing di Afghanistan telah hengkang sebelum tenggat waktu 11 September. Ada kekhawatiran bahwa militer Afghanistan, yang seharusnya mengambil alih keamanan di negara itu, akan kolaps.

Berdasarkan kesepakatan dengan Taliban, AS dan sekutunya di NATO bersedia untuk menarik semua pasukan mereka dengan syarat kelompok militan tersebut tidak membiarkan kelompok ekstremis beroperasi di wilayah yang mereka kuasai.

Tetapi Taliban tidak setuju untuk berhenti memerangi pasukan Afghanistan, dan sekarang mereka dilaporkan menguasai sekitar sepertiga dari negara itu.